Salut Sama Istri, Nadiem Makarim: Pekerjaan Ibu Luar Biasa Kompleks

Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nadiem Makariem didampingi istrinya, Franka Franklin dalam acara pelantikan menteri Kabinet Indonesia Maju di Istana Merdeka, Jakarta, Rabu, 23 Oktober 2019. Saat ini Franka mengelola bisnis perhiasan bersama dua rekannya, Happy Salma dan Sri Luce Rusna dengan nama Tulola Jewellery. Antaranews/Hanni Sofia

keluarga

Salut Sama Istri, Nadiem Makarim: Pekerjaan Ibu Luar Biasa Kompleks

Kamis, 25 Maret 2021 22:18 WIB
Reporter : Cantika.com Editor : Mitra Tarigan

CANTIKA.COM, Jakarta - Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nadiem Makarim membagikan foto sang istri, Franka Franklin Makarim yang sedang bermain dengan dua buah hatinya. Franka terlihat sedang sedang bermain bersama anak-anaknya saat Nadiem mengambil momen bahagia tersebut. Dalam unggahannya, Nadiem mengapresiasi sosok sang istri. “Pekerjaan seorang Ibu Rumah Tangga adalah hal yang luar biasa kompleks,” katanya pada unggahan itu.

Menjadi ibu rumah tangga memanglah tidak mudah, lingkup kerjanya pun sangatlah luas. Sebagai ibu rumah tangga, tidak hanya sekedar mengerjakan pekerjaan rumah saja, tetapi ibu dituntut untuk mengurus suami serta anaknya. Terkadang saking para ibu sibuk mengurus buah hati serta suaminya, ia terkadang melupakan bahwa dirinya pun perlu dimanjakan. Hal ini membuat Nadiem salut. "Saya sangat salut dengan betapa besarnya lingkup kerja mereka," katanya.

Baca: Nadiem Makarim Ajak Orang Tua Mendongeng, Ini Tips untuk Ayah

Selain mengurus suami dan buah hati, para ibu pun tentunya perlu memiliki kemampuan lainnya. “Ilmu manajemen, ilmu finansial, sampai membagi waktu bermain aktif dengan anak, Semuanya bisa!,” kata Nadiem.

Dalam membesarkan ketiga buah hatinya, Nadiem pun ikut ambil bagian. Beberapa kali Nadiem membagikan foto yang Ia habiskan bersama sang anak. Nadiem maupun Franka mengajarkan sang anak untuk membaca buku serta menuangkan isi pikiran sang anak kedalam kertas untuk meningkatkan kreativitas. Ia pun mengajak para suami untuk ikut berperan mengurangi beban para istri. "Banyak yang dapat kita lakukan agar dapat membantu meringankan beban mental dan pekerjaan sehari-hari mereka," katanya.

Nadiem Makarim juga memberikan semangat kepada istrinya yaitu Franka Franklin Makarim dan kepada para ibu di luar sana. Postingan Nadiem pun disambut baik oleh para pengikutnya. Banyak yang memberikan dukungan serta kata-kata yang mengharukan. Serta banyak yang menjadikan Franka sebagai panutan ibu yang ideal untuk anak-anaknya. "Semangat selalu @frankafmakarim dan juga para ibu lainnya!"

NATHASYA ESTRELLA