BCL: Motivasi Aku Berkarier di Dunia Hiburan Bukan Uang, Popularitas

Bunga Citra Lestari atau BCL anggun dalam balutan kebaya ombre karya Ghea Panggabean saat menjadi salah satu pengisi acara Ulang Tahun ke-17 acara infotainment Insert di Trans TV pada Rabu, 23 September 2020. BCL bernyanyi dari salah satu ruangan di rumahnya yang kerap disebut BCL's Atiic.Instagram.com/@gheafashionstudio

profil

BCL: Motivasi Aku Berkarier di Dunia Hiburan Bukan Uang, Popularitas

Rabu, 24 Maret 2021 16:30 WIB
Reporter : Cantika.com Editor : Silvy Riana Putri

CANTIKA.COM, Jakarta - Penyanyi Bunga Citra Lestari atau BCL mengungkapkan motivasi terbesarnya berkarier di dunia hiburan adalah kepuasan saat berada di atas panggung. Ia menyebutnya kepuasan itu menjadi suatu kebutuhan, bukan keinginan.

"Motivasi terbesar aku berada di dunia hiburan adalah mendapatkan satisfcation (kepuasan). Bukan uang, kepopuleran, saat aku berada di panggung ada sebuah perasaan yang itu enggak bisa ditemuin di mana-mana lagi, selain saat aku di panggung bernyanyi. Jadi itu emang kebutuhan, bukan keinginan," ucap BCL dalam vlog yang diunggah di YouTube Her World Indonesia, Selasa, 23 Maret 2021.

Selama lebih dari dua dekade berkarier di dunia hiburan atau entertainment, BCL menjelaskan bahwa dunia hiburan adalah tempat yang baik untuk berkompetisi. Terlebih industri hiburan saat ini, menurutnya, lebih beragam para pelaku seninya tak hanya aktor, aktris, penyanyi, tapi juga ada influencer.

"Orang-orang yang terjun ke dunia entertainment udah banyak sekali, kita enggak cuma ngomongin aktor penyanyi, ada banyak sekali influencer. Aku rasa it's good place untuk berkompetisi dengan orang lain, tapi memang secara mental harus kuat.

Dalam vlog lain, ia sempat mengungkapkan cita-citanya adalah terus berkarya di dunia musik. Oleh karena itu, ia mengaku tak berhenti belajar tren apa pun sesuai zamannya.

"Cita-cita gue pengen berkarya terus. Gue pengennya jiwa gue muda. Gue pengennya bisa related sama zaman. Gak berhenti di era gue, trus gue udah gak mau tahu apa yang terjadi abis itu," tuturnya dalam vlog yang diunggah di YouTube Boy William, Selasa, 9 Maret 2021.

BCL memulai karier di dunia hiburan menjadi model majalah. Ia lalu terjun ke dunia akting lewat peran figuran sebagai Sri Kecil di sinetron Bukan Perempuan Biasa pada tahun 1997. Beberapa judul sinetron dan film pernah dibintanginya. 

Di tahun 2004, ibu Noah Sinclair itu mulai terjun ke dunia tarik suara  dengan menjadi featuring singer dari PAS Band. Sejak itu, BCL merilis banyak lagu hit dan berkolaborasi dengan musisi papan atas Indonesia hingga musisi mancanegara seperti Christian Bautista. 

Salah satu lagu yang melambungkan namanya adalah Sunny, soundtrack film Cinta Pertama. Di film itu, BCL juga didapuk sebagai aktris utama memerankan tokoh Alya yang jatuh cinta dengan teman SMA-nya, Sunny (Ben Joshua).

Lagu Cinta Sejati yang menjadi soundtrack film Habibie & Ainun salah satu karya gemilang BCL yang familiar di telinga masyarakat. Sama seperti di film Cinta Pertama, BCL juga menjadi pemeran utama dalam film Habibie & Ainun, yang mengisahkan perjalanan cinta Presiden ke-3 Indonesia Habibie dan istrinya, Ainun.

Di tahun 2017, perempuan berusia 38 tahun itu menggelar konser solo bertajuk "It's Me BCL Concert". Konser tersebut disebut berbiaya produksi tertinggi sepanjang masa di Indonesia, ia berkolaborasi dengan creative director The Squared Division yang berbasis di Los Angeles, Amerika Serikat. 

Sepeninggal sang suami, Ashraf Sinclair, yang wafat pada 18 Februari 2020, BCL sempat rehat dari dunia musik. Perlahan namun pasti, BCL mulai melangkah lagi dengan merilis lagu 12 Tahun Terindah yang menjadi ungkapan cinta untuk mendiang Ashraf. Lirik lagu itu ditulis sendiri oleh BCL. Ia lalu merilis lagu Love Story dan yang terbaru Selamanya Cinta pada Maret 2021 ini.

Baca juga:

Setahun Kepergian Ashraf Sinclair, BCL: Jangan Khawatirkan Aku dan Noah