Perbedaan Komedo Hitam dan Putih, Penyebab, Serta Cara Menghilangkannya

Ilustrasi jerawat/komedo. Shutterstock.com

kecantikan

Perbedaan Komedo Hitam dan Putih, Penyebab, Serta Cara Menghilangkannya

Kamis, 18 Maret 2021 20:37 WIB
Reporter : Cantika.com Editor : Kinanti Munggareni

CANTIKA.COM, Jakarta - Salah satu gangguan pada kulit yang sering terjadi adalah jerawat. Banyak di antara jerawat, timbul karena pori-pori yang tersumbat dan membentuk komedo.

Komedo adalah folikel rambut atau pori-pori yang tersumbat. Ada dua jenis komedo, yakni komedo terbuka (blackhead) dan komedo tertutup (whitehead). Keduanya punya bentuk yang berbeda, tapi bisa diobati dan diatasi dengan perlakuan yang mirip.

Blackhead atau komedo hitam

Sesuai namanya, blackhead tampak seperti bintik hitam yang terbentuk di kulit Anda. Komedo ini disebut komedo terbuka. Komedo adalah benjolan berwarna kulit yang terbentuk saat Anda memiliki jerawat. Dalam kasus blackhead, komedo ini terdiri dari folikel di bawah kulit dengan lubang atau pori-pori yang sangat besar.

Ketika Anda memiliki komedo hitam, pori-pori besar ini tersumbat oleh zat yang disebut sebum. Reaksi kimiawi dengan sebum terjadi di bawah kulit Anda, akibatnya melanin teroksidasi dan mengubah pori-pori yang tersumbat menjadi berwarna hitam. 

Whitehead atau komedo putih

Jenis ini adalah komedo tertutup. Ini terjadi ketika folikel di bawah kulit Anda dipenuhi oleh bakteri dan memiliki lubang yang sangat kecil di bagian atas kulit Anda. Akibatnya, udara tidak bisa masuk ke folikel. Bakteri di dalamnya tidak mengalami reaksi kimia. Akibatnya, warna komedo tertutup tetap putih.

Lantas bagaimana cara mengatasi komedo?

Kedua jenis komedo, baik blackhead maupun whitehead, adalah bentuk jerawat yang ringan yang disebabkan oleh pori-pori yang tersumbat. Maka, keduanya bisa ditangani dengan cara yang sama.

Dikutip dari Very Well Health, blackhead bisa dikeluarkan dengan cara meremas lembut komedo untuk menghilangkannya. Anda dapat mengekstrak komedo sendiri atau meminta ahli kecantikan mengekstraknya untuk Anda selama perawatan wajah

Blackhead juga bisa dihilangkan dengan pore-strips, meski hasilnya hanya sementara. Cara ini hanya membersihkan bagian atas dari komedo.

Untuk benar-benar jauh dari komedo, Anda perlu menjalani program perawatan rutin. Misalnya, dengan menggunakan produk over-the-counter (OTC).

Produk over-the-counter (OTC) bisa mengobati komedo secara efektif. Produk-produk ini membantu membuka pori-pori, serta memungkinkan bakteri dan kotoran dibersihkan sebelum jerawat terbentuk.

Healthline menyarankan Anda untuk menggunakan produk yang mengandung benzoyl peroxide atau asam salisilat. Keduanya mengeringkan jerawat dan menghilangkan minyak serta sel kulit mati yang juga menyumbat pori-pori Anda.

Anda bisa memilih jenis produk perawatan kulit apapun, mulai dari pencuci wajah, krim, hingga astringen yang mengandung bahan-bahan ini di toko terdekat.

Bahan lain yang mungkin Anda gunakan, dikutip dari Healthline adalah tea-tree oil, alpha hydroxy acid, azelaic acid (Azelex), bovine cartilage, zinc, ekstrak teh hijau, lidah buaya, hingga ragi

Jika Anda memiliki banyak komedo dan kulit bergelombang, Anda memiliki jenis jerawat tidak meradang yang disebut jerawat komedonal. Obat resep paling baik untuk mengobati jerawat komedonal yang lebih mengakar.

Ada beberapa bahan untuk mengobati komedo ini meliputi:

  • Asam salisilat
  • Benzoil peroksida
  • Retinoid topikal
  • Asam alfa hidroksi, termasuk asam glikolat, asam laktat, dan asam mandelat

Komedo mungkin tak begitu mengganggu. Meskipun demikian, jika datang berulang tentu merepotkan. Untuk itu Anda perlu melakukan upaya pencegahan, seperti menjaga kebersihan wajah dengan mencucinya dua kali sehari dengan sabun lembut.

Baca juga: 7 Cara Mudah Menghindari dan Mengobati Jerawat, Hati-hati dengan Resep DIY!

VERY WELL HEALTH | HEALTHLINE