Serum Wajah, Produk Skincare yang Penting Buat Kesehatan Kulit

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Kinanti Munggareni

google-image
Ilustrasi serum wajah (Pexels/Vie Studio)

Ilustrasi serum wajah (Pexels/Vie Studio)

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta - Di antara semua langkah dasar perawatan kulit wajah, serum adalah produk skincare yang paling tidak boleh terlewatkan.

Dilansir Indian Express, Kamis, serum dapat digunakan pada semua jenis kulit dan menjadi salah satu produk perawatan yang paling efektif dalam mengatasi masalah kulit.

Yang perlu diingat, serum bukanlah pengganti pelembab. Serum mengandung bahan aktif terkonsentrasi yang menargetkan masalah kulit tertentu.

Artinya serum lebih kuat dari krim wajah biasa. Tapi, itu tidak berarti Anda dapat menghilangkan pelembab. Oleskan pelembab setelah menggunakan serum untuk menyegel kelembapan ke dalam kulit.



Bagaimana serum efektif?

Serum terbuat dari molekul yang sangat kecil, membantunya cepat diserap oleh kulit. Dengan menargetkan masalah tertentu, serum ini dapat bekerja untuk meningkatkan produksi kolagen atau hanya menenangkan kulit sensitif dan memperbaiki tampilan garis-garis halus dan kerutan.

Penggunaan serum dapat memperlihatkan hasil dengan jelas. Misalnya, serum dengan vitamin C dapat membantu mengatasi masalah seperti anti-penuaan, pigmentasi, dan bintik-bintik hitam, bekas luka, dan jerawat.



Cara menggunakan serum

Bersihkan kulit Anda dengan pembersih, sesuai jenis kulit, kemudian lanjutkan dengan pengelupasan kulit.

Pilih serum untuk mengatasi masalah kulit Anda. Misalnya, untuk mengatasi garis halus, pilih serum berbasis retinol. Jika Anda ingin meratakan warna kulit, pilihlah sesuatu yang mengandung niacinamide atau vitamin C.

Mereka yang memiliki kulit sensitif dapat memilih serum dengan ekstrak Centella. Ada banyak pilihan di pasaran tetapi selalu konsultasikan dengan dokter kulit terlebih dahulu.

Aplikasikan serum dengan membuat titik-titik di beberapa bagian wajah dan pijat dengan lembut. Terakhir, lanjutkan dengan pelembab dan tabir surya.

Memilih serum yang tepat sesuai dengan jenis dan masalah kulit seseorang sangat penting karena serum yang salah mungkin tidak memberikan hasil yang diinginkan sekaligus merusak kulit Anda dalam prosesnya.

Baca juga: Saat Pakai Skincare Baru Jangan Langsung di Wajah, Ini Penjelasan Dokter Kulit

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."