Lebih Efektif Mana, Yoga atau Zumba untuk Menurunkan Berat Badan?

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Silvy Riana Putri

google-image
Ilustrasi wanita melakukan yoga di rumah. Freepik.com/Senivpetro

Ilustrasi wanita melakukan yoga di rumah. Freepik.com/Senivpetro

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta - Yoga dan zumba sama-sama populer dan bermanfaat bagi kesehatan kita. Kedua olahraga itu juga bermanfaat untuk menurunkan berat badan, menjaga postur tubuh dan banyak fungsi tubuh lainnya. Yoga mempraktikkan pose-pose berbeda yang berfokus pada bagian tubuh yang tertentu untuk meningkatkan fungsinya. Selain itu, yoga juga bisa meningkatkan kelenturan tubuh kita.

Zumba adalah latihan gaya tari berbasis Latin. Zumba berfokus pada penurunan berat badan dan aktivitas kardiovaskular. Untuk selengkapnya, berikut perbedaan kedua olahraga inilah yang harus Anda ketahui.

Membakar kalori

Olahraga zumba bisa membakar lebih banyak kalori dengan mudah ketimbang melakukan yoga. Kelas Zumba satu jam saja bisa membakar hampir 540 kalori. Jadi, dalam hal penurunan berat badan, Zumba selalu sangat efektif. Tetapi pembakaran kalori dengan yoga bergantung pada usia, ukuran, dan fleksibilitas orang tersebut.

Ilustrasi zumba. pixabay.com

Fleksibilitas

Zumba berfokus pada aktivitas kardiovaskular dengan meningkatkan detak jantung  untuk mengencangkan tubuh Anda dan membuatnya bugar. Jadi, untuk fleksibilitas, Zumba tidak efektif.

Yoga sangat bagus untuk meningkatkan fleksibilitas. Berbagai pose yoga tidak hanya meningkatkan kelenturan Anda, tetapi juga membuat Anda rileks.

Durasi

Karena Zumba dapat membakar lebih banyak kalori, Anda dapat menurunkan berat badan lebih cepat dengan zumba daripada yoga. Di sisi lain, yoga membutuhkan lebih banyak waktu untuk menurunkan berat badan. Namun seiring dengan proses penurunan berat badan, hal itu juga akan memperbaiki postur tubuh Anda.

Jadi, jika Anda ingin menurunkan berat badan lebih cepat dan meningkatkan aktivitas kardiovaskular, lakukan Zumba. Dan jika tujuan Anda adalah untuk memperbaiki postur tubuh Anda, lakukan meditasi untuk meningkatkan proses pernapasan, kemudian berlatih yoga secara teratur.

Baca juga:

Gerakan Yoga bagi Ibu Hamil, Hindari Posisi Menahan Perut

PINK VILLA

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."