Memilih Foundation untuk Kulit Berminyak, Cari Produk yang Tak Sumbat Pori-pori

Pilihlah produk foundation yang sesuai dengan jenis kulit wajah Anda agar hasil riasan tampil sempurna. (Foto: Pexels/Adrienne Andersen)

kecantikan

Memilih Foundation untuk Kulit Berminyak, Cari Produk yang Tak Sumbat Pori-pori

Kamis, 18 Maret 2021 14:59 WIB
Reporter : Cantika.com Editor : Kinanti Munggareni

CANTIKA.COM, Jakarta - Kulit berminyak seringkali menyulitkan seseorang untuk memilih foundation. Kadang, wajah berminyak terasa menjadi berat dan tebal setelah menggunakan alas bedak. Lantas bagaimana cara memilih dan mengaplikasikan foundation untuk kulit berminyak

Dikutip dari ElleHoward Sobel, dokter kulit dan pendiri DDF Skincare, menyarankan Anda untuk mencari produk foundation dengan bahan asam salisilat sebagai penyerap minyak. Bahan lain yang harus dicari adalah asam hialuronat dan sodium PCA yang "mengikat air ke kulit tanpa menyumbat pori-pori dan membantu riasan tetap bagus dan lancar," kata Sobel.

Anda juga perlu ingat, jalan menuju tampilan riasan yang bagus adalah mempersiapkan kulit Anda dengan baik. Siapkanlah wajah Anda sebagai kanvas bersih yang akan digunakan untuk aplikasi riasan lebih baik.

Dikutip dari Vogue, yang terbaik adalah memulai dengan membersihkan dan mengelupas kulit. Ini dapat membantu Anda mengontrol sebum berlebih dan mengurangi munculnya pori-pori.

“Jika menurut Anda kulit berminyak memberikan kebebasan untuk melembapkan, Anda salah,” kata makeup artist selebritas Bauer kepada Vogue. Bahkan kulit yang paling berminyak pun membutuhkan hidrasi untuk mencegah kelenjar sebum bekerja berlebihan sebagai gantinya.

Pilihlah losion atau pelembab berbahan dasar gel yang bisa melembabkan kulit tanpa membuat licin atau berminyak. Ingat pula untuk mencoba meminimalkan jumlah produk yang Anda gunakan. Perawatan kulit multi-tasking (seperti pelembab primer dengan SPF) dapat mencegah pilling, yakni berubahnya produk makeup menjadi serpihan-serpihan kecil yang menggumpal.

Anda juga mungkin akan membutuhkan primer sebelum menggunakan foundation. Gunakan di area paling berminyak pada wajah, seperti zona-T, dahi, hidung, dan dagu. Pastikan pula untuk memilih primer antikilap bebas minyak yang bisa mengurangi kadar minyak pada wajah. 

Untuk mengurangi timbulnya kerutan riasan mata, hindari melapisi kelopak mata Anda dengan concealer, sesuatu yang menurut Warren banyak dilakukan wanita dengan lingkaran hitam atau kemerahan.

Sebagai gantinya, gunakan primer yang dirancang khusus untuk kelopak mata. Alasnya menciptakan kanvas yang sempurna untuk eye shadow dan eyeliner sambil menyerap minyak penyebab kusut sepanjang hari.

Selanjutnya, Anda juga perlu mempertimbangkan jenis kulit saat memilih produk riasan lainnya. Jika Anda menyukai tren kulit dewy, ingatlah bahwa Anda punya risiko mulai terlihat berminyak setelah satu atau dua jam pemakaian riasan. Untuk itu, pilihlah selalu produk yang memberi hasil matte ketika memilih foundation untuk wajah berminyak. 

Baca juga: Tren Kecantikan Tahun 2021, Ada Skinimalism yang Memadukan Skincare dan Makeup

VOGUE | WEB MD | ELLE