4 Cara Menghilangkan Kantung Mata dengan Cepat, Gunakan Sendok Dingin

Kantung hitam di bawah mata membuat kita tampak seperti panda. Ada banyak faktor yang jadi penyebab kondisi ini terjadi, mulai dari kelelahan hingga faktor genetika. (Canva)

kecantikan

4 Cara Menghilangkan Kantung Mata dengan Cepat, Gunakan Sendok Dingin

Rabu, 17 Maret 2021 21:27 WIB
Reporter : Cantika.com Editor : Kinanti Munggareni

CANTIKA.COM, Jakarta - Ada banyak faktor yang jadi penyebab kantung mata timbul. Di antaranya adalah kurang tidur atau dehidrasi. Tapi tenang, ada cara menghilangkan kantung mata dengan cepat. Bahan-bahannya pun kemungkinan besar sudah ada di rumah Anda.

1. Kompres mata dengan air dingin

Mayo Clinic menyarankan Anda untuk menggunakan kompres dingin pada bagian mata. Caranya, basahi waslap bersih dengan air dingin. Sambil duduk, tempelkan waslap basah ke kulit di bawah dan sekitar mata Anda selama beberapa menit dengan tekanan ringan. Dikutip dari Real Simple, profesor dermatologi klinis Jeannette Graf dari Mount Sinai School of Medicine di New York City menyebut memberikan kompres dingin selama sekitar lima menit bisa menyempitkan pembuluh darah di bagian mata dan menghilangkan kantung mata dengan cepat. 

2. Tempelkan sendok dingin pada mata

Dikutip dari Times of India, bengkak pada mata bisa dikurangi dengan bantuan segelas air es dan empat sendok stainless steel. Dinginkan sendok di dalam air dan letakkan satu di atas setiap mata. Terus ganti sendok sambil membiarkan yang lain dingin di dalam segelas air. Teruslah beralih sampai kantung mata Anda berkurang.

3. Masker timun dingin

Timun adalah bahan makanan yang luar biasa dan bisa digunakan sebagai cara menghilangkan kantung mata secara alami. Times of India menyarankan Anda untuk menggunakan 2 irisan timun segar yang sudah didinginkan. Letakkan timun dingin di mata Anda selama 25 menit. Bersantailah dengan irisan dingin yang menenangkan di mata Anda dan tidur sebentar. Ini akan membantu menyegarkan pikiran dan mata Anda. Sifat anti-inflamasi dari mentimun dingin secara alami akan membantu mengurangi jaringan bengkak.

4. Kompres dengan kantung teh

Jika Anda sedang terburu-buru dan tidak ingin pergi dengan mata terkulai maka teh celup adalah cara yang tepat. Basahi dua kantong teh dalam air dingin dan dinginkan sebentar. Kemudian letakkan di atas mata Anda selama 25-30 menit. Berbaring dan bersantailah dengan kantong teh celup dingin menutupi mata Anda. Akhiri dengan membasuh mata dan wajah dengan air dingin, dan mengeringkan kulit secara menyeluruh. Anda akan merasa rileks dan diremajakan.

Pilih benda yang dapat ditemukan di rumah dan gunakan sebagai cara untuk menghilangkan kantung mata dengan cepat dan mudah. Untuk mencegah kantung mata timbul kembali, perbaikilah pola makan dan tidur Anda. 

Baca juga: 7 Faktor Penyebab Kantung Mata Berwarna Hitam

MAYO CLINIC | REAL SIMPLE | WEB MD | TIMES OF INDIA