6 Kiat Atasi Kantung Mata, Pentingnya Hidrasi dan Batasi Makanan Tinggi Natrium

Kantung hitam di bawah mata membuat kita tampak seperti panda. Ada banyak faktor yang jadi penyebab kondisi ini terjadi, mulai dari kelelahan hingga faktor genetika. (Canva)

kecantikan

6 Kiat Atasi Kantung Mata, Pentingnya Hidrasi dan Batasi Makanan Tinggi Natrium

Kamis, 16 Desember 2021 08:35 WIB
Reporter : Cantika.com Editor : Silvy Riana Putri

CANTIKA.COM, Jakarta - Jika Anda memiliki kantung mata, Anda tak sendirian. Banyak orang percaya bahwa kantung mata akibat kurang tidur, tapi ternyata bukan itu saja penyebabnya. Menurut American Academy of Ophthalmology, kantung mata dapat disebabkan oleh beberapa faktor, seperti perubahan fisik pada pigmentasi, kelonggaran pada kulit dan lemak, serta pertambahan usia

Adapula beberapa orang yang mewarisi kantong mata. Untuk mengatasi hal itu, Yoon-Soo Cindy Bae, dokter kulit bersertifikat di Laser & Skin Surgery Center di New York, menyarankan enam hal berikut yang dapat dengan mudah dilakukan setiap hari.

1. Pakai krim mata

Produk perawatan kulit topikal tidak akan secara ajaib mengatasi kantung mata, tapi dapat sangat bermanfaat bagi keseluruhan penampilan area bawah mata, itulah sebabnya Bae mengatakan Anda tidak boleh melewatkan krim mata siang hari dan malam hari.

“Untuk membantu mengatasi kantung mata, bengkak, dan lingkaran hitam di siang hari krim mata yang menggunakan formula kelas medis yang mengandung vitamin K oksida, haloxyl, eyeliss, dan asam hialuronat untuk mengembalikan kecerahan dan keremajaan,” ungkapnya.

“Formulanya menargetkan bengkak, meningkatkan kekencangan dan elastisitas, dan aplikator keramik pendingin menyegarkan kulit selama aplikasi, membuat area mata terasa lebih halus dan tampak lebih diremajakan.”

Untuk krim mata di malam hari, ia menyarankan produk dengan kandungan retinoid dan asam alfa hidroksi (AHA), dalam formulasi yang dioptimalkan, untuk mengurangi munculnya garis dan kerutan di sekitar area mata yang halus.”

2. Jangan menarik area bawah mata Anda

Jika Anda mengoleskan krim atau riasan di sekitarmata, Bae mengatakan untuk melakukannya dengan sangat lembut. Sebab itu merupakan area kulit sensitif.

“Kulit di area mata lebih sensitif dan lebih tipis daripada bagian tubuh kita yang lain,” katanya. Itu sebabnya tekanan dan tarikan yang berlebihan dapat menyebabkan tanda-tanda penuaan dini muncul, seperti kantung mata, garis-garis halus, dan kerutan.

3. Perhatikan urutan perawatan kulit Anda

Saat mengoleskan krim mata dan produk perawatan kulit, secara umum, Bae mengatakan bahwa urutan itu penting.

“Tergantung kulitmu, kalau sensitif, akhiri dengan retinol agar bisa diencerkan dengan pelembap, kalau tidak pakai dulu setelah dibersihkan agar lebih maksimal,” jelasnya.

"Kulit di sekitar mata bisa sensitif terhadap retinol jadi pastikan untuk memasangkannya dengan krim mata yang menghidrasi di malam hari untuk memperbaiki penghalang kulit."

Pada siang hari, untuk membersihkan dan mengencangkan, ia menyarankan oleskan serum antioksidan ke seluruh wajah (termasuk area mata), krim mata ringan, pelembap, dan tambahkan tabir surya.

4. Selalu gunakan tabir surya

Bae mengatakan jangan sampai lupa mengoleskan tabir surya ke kelopak mata dan area bawah mata Anda juga. “Daerah ini sering diabaikan,” katanya.

Sinar UVA dan UVB tidak hanya dapat menyebabkan kanker kulit, tetapi juga dapat menyebabkan kerutan dan penuaan karena sinar matahari merusak kolagen dan elastin, yang menyebabkan kantung mata dan kendur, belum lagi kulit yang bengkak.

5. Gunakan sendok dingin

Sama bermanfaatnya dengan krim mata dan tabir surya dalam hal menawarkan hasil kumulatif, terkadang Anda mungkin membutuhkan sesuatu yang dingin untuk mengatasi kantung mata.

“Jika Anda ingin mengatasi kantong mata segera, gunakan masker mata berpendingin atau bahkan sendok teh atau kantong teh berpendingin yang dapat membantu drainase limfatik,” katanya. "Bersikaplah sangat lembut dan sekali lagi jangan pernah menarik kulitnya."

6. Hidrasi dan hindari makanan kaya natrium serta alkohol

Apa yang Anda makan dapat memengaruhi segalanya, mulai dari suasana hati hingga penampilan kulit Anda. “Cara terbaik untuk mencegah kantung mata dan mata kendur adalah dengan memiliki kulit yang sehat,” kata Bae.

Selain pola makan sehat dan olahraga, Bae menyarankan untuk membatasi alkohol dan makanan kaya natrium seperti kentang goreng, sosis, daging ham, serta berbagai makanan beku lainnya alias frozen food. Sebab keduanya dapat meningkatkan retensi air dan kembung di seluruh tubuh, termasuk area bawah mata. Ia mengimbau fokus pada konsumsi air yang cukup. “Hidrasi yang tepat meningkatkan sirkulasi yang dapat membantu menghilangkan kelebihan cairan dari area mata,” tandasnya.

Baca juga: 7 Faktor Penyebab Kantung Mata Berwarna Hitam