Ketahui 3 Jenis Kerutan di Bawah Mata dan Cara Mencegahnya

Kantung hitam di bawah mata membuat kita tampak seperti panda. Ada banyak faktor yang jadi penyebab kondisi ini terjadi, mulai dari kelelahan hingga faktor genetika. (Canva)

kecantikan

Ketahui 3 Jenis Kerutan di Bawah Mata dan Cara Mencegahnya

Selasa, 21 Desember 2021 07:05 WIB
Reporter : Cantika.com Editor : Ecka Pramita

CANTIKA.COM, Jakarta - Jika membicarakan Korean Beauty pasti identik dengan kulit mulus, tampak lebih muda, dan bercahaya. Salah satu tips-nya adalah menjaga kulit wajah tetap terhidrasi.

Namun, seiring bertambahnya usia kadar hidrasi kulit atau natural moisturizing factor (NMF) akan terus menurun sehingga membuat kulit tidak terhidrasi dengan baik. Hal tersebut justru yang dapat mempercepat munculnya tanda-tanda penuaan kulit seperti kerutan, garis halus, kantung mata, dan membuat rona kulit tidak merata.

Termasuk ketika Anda merawat bagian bawah mata menjadi salah satu rangkaian perawatan kulit rutin. Perlu diketahui jika kulit di bawah mata lebih tipis daripada bagian wajah lainnya dan lebih rentan terhadap faktor eksternal yang dapat meningkatkan tanda-tanda penuaan kulit.

Dokter kulit bersertifikat dan pendiri AziMD Skincare, Azadeh Shirazi mengatakan ketika kolagen dan elastin mulai menurun mulai usia 20-an, maka mulai membentuk garis dan kerutan pada usia 30-an.

Dia menjelaskan bahwa tiga jenis kerutan dapat meluas di sekitar mata seiring bertambahnya usia. Kerutan dinamis terbentuk dari kontraksi otot di bawah permukaan kulit; pikirkan kaki gagak yang muncul saat Anda tersenyum. Seiring waktu, kerutan dinamis dapat menjadi kerutan statis, yang merupakan hasil dari proses penuaan alami dan faktor lingkungan seperti paparan sinar matahari yang memperburuk kerutan.

Ada beberapa cara menghilangkan kantung mata secara alami, mulai dari mengompres mata dengan air dingin dan tidur yang cukup. (Canva)

Kerutan statis adalah kerutan dan garis halus yang terlihat saat wajah Anda tidak bergerak. "Jenis terakhir adalah lipatan kerutan yang disebabkan oleh hilangnya dukungan dan struktur seiring bertambahnya usia yang menyebabkan lipatan kendur dan kerutan," kata Shirazi.

Menyadari pentingnya menghidrasi kulit area mata, AHC sebagai merek skincare  di Korea meluncurkan AHC Essential Real Eye Cream For Face varian produk krim mata terbaru yang dapat membantu menghidrasi kulit secara instan hingga 82 persen setelah sekali pemakaian, untuk menjaga kulit tampak lebih muda dan bercahaya.

Brand Manager AHC Indonesia Lia Wijaya mengatakan hidrasi kulit diperlukan untuk semua jenis kulit, termasuk kulit berminyak sekalipun. Menjaga kulit tetap terhidrasi justru adalah kunci untuk membuat kulit tetap sehat, tampak lebih bercahaya, serta mencegah munculnya tanda-tanda penuaan kulit.

"Melalui AHC Essential Real Eye Cream For Face ini diharapkan dapat menyadarkan masyarakat akan pentingnya menghidrasi kulit serta menjadi solusi perawatan intensif untuk early stage-aging dengan #InstantHydration. Dengan ini AHC juga ingin menjadi teman bagi perempuan Indonesia dalam perjalanannya mendapatkan kulit yang terhidrasi, bercahaya dan tampak lebih muda.” ujar Lia

Selain dapat membantu menyamarkan kerutan dan garis halus serta kusam di sekitar mata, AHC Essential Real Eye Cream For Face ini juga efektif untuk membantu memperbaiki tekstur kulit seluruh wajah sehingga tampak lebih muda dan bercahaya seketika dengan kombinasi bahan aktifnya. Berikut kelebihan bahan aktif dari AHC Essential Real Eye Cream For Face:

Concentrated eye cream yang dapat digunakan di seluruh wajah dengan kombinasi bahan aktif 12 peptides, vitamins, dan 7 bahan eksklusif AHC yang telah dipatenkan untuk membantu meningkatkan produksi kolagen, menghidrasi dan menutrisi kulit dengan perawatan intensif, serta membantu menyamarkan kerutan dan garis halus sehingga kulit tampak lebih muda dan bercahaya.

Menggunakan Ultrafine Microemulsion System Technology yang membuat partikel-partikel krim dan bahan aktif menjadi sangat kecil sehingga dapat terserap hingga lapisan kulit terdalam dan memberikan hasil yang optimal.

Di tahun 2021 ini, AHC memilih Krystal Jung yang merupakan pop star dan aktris asal Korea Selatan sebagai brand ambassador. AHC memilih Krystal Jung karena memiliki karakter yang berkelas, tegas dan mempunyai prinsip seperti julukan yang diberikan kepadanya, yaitu ‘Ice Princess’. Semua kriteria tersebut sejalan dengan identitas AHC sebagai brand kecantikan yang berkelas serta selalu mempunyai prinsip tegas untuk selalu melakukan inovasi produk.

Baca: Tren Perawatan Kulit Masa Kini, Mulai Cegah Kulit Kendur Hingga Kerutan

INSTYLE