5 Tips Mengaplikasikan Concealer di Bawah Mata

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Silvy Riana Putri

google-image
Ilustrasi wanita memakai concealer. Freepik.com/Lookstudio

Ilustrasi wanita memakai concealer. Freepik.com/Lookstudio

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta - Area bawah mata benar-benar dapat menentukan penampilan yang cukup istirahat dan segar. Oleh karena itu, concealer sering kali menjadi salah satu produk riasan yang paling banyak digunakan. Namun, jika concealer tidak  belum sempurna menutupi kantung mata atau lingkatan hitam, bisa jadi pertanda Anda tak menerapkan concealer di bawah mata dengan benar.

Untuk kita pelajari bersama, berikut tips menerapkan concealer di bawah mata menurut penata rias profesional.

1. Hidrasi dalah Kuncinya

Sebelum mengaplikasikan concealer, Anda harus mempersiapkan kulit. Itu merupakan langkah yang tidak boleh Anda lewati, kata penata rias selebriti Tim Quinn.

“Hidrasi adalah kunci dalam mengaplikasikan concealer dan riasan secara umum,” katanya dikutip dari Byrdie, 10 Januari 2024.

"Saya menghabiskan beberapa saat untuk memijat area mata dengan produk pelembap yang akan menyelesaikan pekerjaan," ucapnya.

Karena kulit di bawah mata lebih tipis dibandingkan bagian lain di wajah, berikan waktu yang tepat agar produk persiapan Anda menyerap dan mengering sepenuhnya sebelum melanjutkan ke langkah berikutnya.

Tips lain yang perlu diingat? Bersikaplah lembut saat mempersiapkan dan memijat—tidak boleh ada kulit yang tertarik di bawah mata.

2. Temukan Formula yang Tepat

Concealer hadir dalam formula berbeda dengan tingkat cakupan berbeda, jadi penting untuk menemukan formula yang tepat untuk Anda. Praktik terbaiknya adalah menguji di beberapa area tertentu sebelum diaplikasikan seluruhnya. Dengan begitu, Anda bisa mendapatkan gambaran tentang konsistensi dan cakupan serta apakah produk tersebut dapat memenuhi kebutuhan spesifik Anda.

"Saya suka produk yang berlapis-lapis dan terlihat natural, jadi saya memilih concealer yang bisa terus diaplikasikan dan dibaurkan tanpa residu kental," kata Quinn.

3. Lapisi Aplikasi

Meneraplan pendekatan less is more untuk menyembunyikan masalah kulit adalah yang terbaik, menurut Quinn. Dia biasanya memulai dari sudut dalam, menutupi area gelap sesuai kebutuhan, sebelum beralih ke tepi luar mata.

"Saya akan mengaplikasikan concealer dengan kuas, kemudian menekannya dengan lembut menggunakan Beauty Blender atau menggunakan ujung jari saya untuk menghaluskan dan membaurkannya," tuturnya.

Mereka yang memiliki kulit lebih matang mungkin ingin menambahkan lebih banyak hidrasi pada langkah ini.

"Untuk kulit dewasa, saya akan mengambil pendekatan yang sama, meskipun saya menambahkan setetes minyak area mata ke dalam concealer agar tetap lembap, memberikan tampilan bersinar dari dalam," ujarnya.

Terlepas Anda memiliki kulit matang atau tidak, tip profesional Quinn adalah menyimpan sebotol minyak mata di tas Anda.

"Jika area mata Anda mulai berkerut di kemudian hari, setetes kecil yang dioleskan dengan jari manis Anda dan ditepuk lembut ke area tersebut akan menyegarkan dan mencerahkan tanpa [harus menambahkan] lebih banyak concealer atau bedak," imbuhnys.

Jika Anda perlu mengoreksi warna apa pun, korektor warna harus diaplikasikan berlapis-lapis sebelum concealer dan ditekan ringan ke dalam kulit.

4. Pemilihan Bedak yang Tepat

Bedak baik yang padat maupun transparan, dapat mengatur dan menghaluskan riasan serta kulit tanpa membuatnya terlihat berat.

“Saya menggunakan bedak sebagai langkah terakhir dalam proses menyamarkan masalah kulit,” kata Quinn.

"Saya akan mengambil formula yang tembus cahaya atau ditekan dan menggunakan puff beludru untuk menekan dan menggulung perlahan di tempat saya mengaplikasikan concealer. Proses ini menghilangkan riasan berlebih dan concealer dengan hati-hati untuk hasil akhir yang mulus," tuturnya.

Jika bedak tabur transparan lebih sesuai dengan kecepatan Anda, Quinn mengatakan itu tidak masalah. Dia menyarankan untuk membersihkan sisa bedak dan membaurkan bagian bawah mata dengan kipas mini.

5. Setting Spray

Menyemprotkan setting spray dapat menghasilkan keajaiban, jadi ini adalah langkah terakhir yang penting dalam tutorial ini. Setelah Anda menyelesaikan sisa riasan, setting spray akan membantu mengatur riasan Anda dan mencegah noda sepanjang hari.

Cara menyemprotkan setting spray setidaknya 6-8 inci (15-20 cm) dari wajah, dan semprotkan banyak-banyak ke seluruh wajah, pastikan produk benar-benar kering.

Semoga tips mengaplikasikan concealer di bawah mata bisa membantu Sahabat Cantika.

Pilihan Editor: 9 Rekomendasi Concealer Terbaik untuk Keluhan Mata Panda

BYRDIE

Halo Sahabat Cantika, Yuk Update Informasi dan Inspirasi Perempuan di Telegram Cantika

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."