Alasan Annisa Pohan Selalu Mengikuti Mertua saat Suami Bertugas

Annisa Pohan bersama suami, Agus Harimurti Yudhoyono, putrinya, Almira Tunggadewi Yudhoyono, ayah dan ibu mertua, Susilo Bambang Yudhoyono dan Annisa Yudhoyono, serta keluarga Aliya Rajasa dan Edhie Baskoro Yudhoyono. Foto ini diunggah di Instagram pada Jumat, 19 Februari 2021. Instagram/@annisayudhoyono

keluarga

Alasan Annisa Pohan Selalu Mengikuti Mertua saat Suami Bertugas

Selasa, 16 Maret 2021 12:10 WIB
Reporter : Cantika.com Editor : Silvy Riana Putri

CANTIKA.COM, Jakarta - Annisa Pohan mengungkapkan ia kerap mengikuti ayah dan ibu mertuanya, Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) dan Ani Yudhoyono, saat suaminya, Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) menunaikan tugas sebagai anggota Tentara Nasional Indonesia (TNI) di berbagai tempat. Sebelum terjun ke panggung politik pada 2016, AHY berkarier sebagai militer profesional di Tentara Nasional Indonesia selama belasan tahun.

Profesi tersebut mengharuskan AHY bertugas ke berbagai daerah di Tanah Air maupun luar negeri. Salah satu contohnya, saat AHY bertugas menjadi anggota pasukan perdamaian di Libanon. Ia selalu pergi bersama ayah dan ibu mertuanya demi menjaga martabat suaminya yang sedang pergi untuk menunaikan tugas negara.

"Ketika itu Mas Agus sedang menjalankan tugas menjadi pasukan perdamaian di Libanon selama 1 tahun, sehingga saya selalu melekat dengan Pepo Memo ketika saya ada libur dari batalyon ataupun ikut Pepo Memo jika ada acara ke luar kota, supaya saya tidak kesepian dan menjaga martabat suami ketika jauh," ungkapnya di keterangan foto Instagram, Ahad, 14 Maret 2021 bertepatan dengan mengucapkan Selamat Hari Raya Nyepi Tahun Baru Saka 1943.

Dalam unggahan itu, Annisa membagikan foto ia bersama SBY dan Ani menghadiri acara Pekan Kesenian Bali pada 2007. Di unggahan foto itu, Annisa tampil anggun memakai kebaya brokat biru dengan hiasan kepala khas Bali. Selaras dengan menantunya, SBY dan Ani juga memakai aksesori khas Bali untuk melengkapi penampilannya. 

Menurut Annisa, ibu mertuanya selalu mengajaknya agar ia merasa seolah-olah tetap dekat dengan AHY yang diwakili oleh ayah dan ibundanya.

"Alhamdulillah walau saya sendiri (blm ada anakku Aira saat itu), Memo selalu mengajak ke sana ke mari jadi dengan selalu dekat Memo otomatis selalu merasa dekat dengan mas Agus," tutur perempuan berusia 39 tahun itu.

Bukan kali ini saja, Annisa membagikan kenangan ia bersama mendiang ibu mertuanya. Di unggahan lain, ia sempat mengisahkan banyak belajar menjadi istri yang kuat dan sabar dari Ani Yudhoyono saat suami bertugas sebagai anggota TNI.

"Alhamdulillah saya dan @ruby_26 belajar dari ahlinya yaitu Memo @aniyudhoyono, seorang perempuan anak seorang prajurit, bersuamikan prajurit dan memiliki anak prajurit (sering Memo ucapkan ini ke saya)," jelasnya di Instagram, Rabu, 5 Agustus 2020.

"Mental Memo Baja, dari anak seorang pejuang kemerdekaan menjadi pendamping prajurit dari masih letnan sampai Jendral bintang 4. Kemudian harus kuat melepas anaknya dari lulus SMP dididik secara semi-militer di Taruna Nusantara dan ditempa jadi prajurit di Akademi Militer. yaaaaa hanya perempuan kuat bermental baja yang bisa merelakan 3 pria terkasihnya berjuang seperti itu," lanjutnya.

Annisa Pohan dan AHY menikah pada 8 Juli 2005. Pasangan ini telah dikaruniai satu putri, Almira Tunggadewi Yudhoyono atau Aira yang genap berusia 13 tahun pada 17 Agustus 2021 nanti.

Baca juga:

Unggah Foto dengan Ani Yudhoyono, Annisa Pohan: Aku Merindukanmu Setiap Saat