Resep Panna Cotta yang Mudah Dibuat di Rumah, Cuma 5 Langkah Cara Membuatnya

Ilustrasi panna cotta. Unsplash/Adl Grber

kuliner

Resep Panna Cotta yang Mudah Dibuat di Rumah, Cuma 5 Langkah Cara Membuatnya

Senin, 15 Maret 2021 05:30 WIB
Reporter : Cantika.com Editor : Silvy Riana Putri

CANTIKA.COM, Jakarta - Panna Cotta merupakan puding asal Italia. Dalam bahasa Italia, panna cotta berarti krim yang dimasak. Untuk membuatnya, bisa menggunakan bahan-bahan yang mudah didapat seperti gula dan krim. Ciri khas panna cotta memiliki konsistensi tekstur kenyal dan "goyang" yang bisa dicapai dengan bantuan gelatin. Oleh karena itu, gelatin merupakan bahan penting untuk membuat hidangan penutup ini.

Ikuti lima langkah mudah ini untuk membuat resep panna cotta yang lezat dan ringan di rumah melansir laman Pink Villa.

Bahan:

- 1 1/2 cangkir susu

- 3 sendok teh (sdt) gelatin bubuk

- 1/2 cangkir gula putih

- 1 cangkir krim kental

- 1 sdt ekstrak vanili

- garam secukupnya

Cara membuat:

1. Tuang 1 ½ cangkir susu ke dalam wajan dan taburkan 3 sdt gelatin bubuk di atasnya dalam satu lapisan. Biarkan selama 5-10 menit hingga butiran terlihat larut dan basah.

2. Letakkan wajan di atas api sedang dan terus kocok hingga melarutkan dan melembutkan gelatin. Setelah gelatin larut, tambahkan ½ cangkir gula putih ke dalam wajan dan aduk terus.

3. Dalam mangkuk, campur 1 cangkir krim kental, 1 sdt ekstrak vanili dan sedikit garam. Tambahkan campuran susu dan gelatin ke dalam mangkuk.

4. Lalu, tuang adonan tersebut ke dalam ramekin dan dinginkan selama 4-5 jam atau semalaman untuk memastikan panna cotta diatur dengan benar dan dapat dengan mudah dibuka keesokan harinya.

5. Untuk membuka cetakan, gunakan pisau dengan hati-hati di semua tepi ramekin. Tempatkan ramekin dalam mangkuk berisi air panas dan diamkan selama 3 detik. Letakkan ramekin terbalik di atas piring untuk melepaskan panna cotta dari dalamnya dengan hati-hati.

Baca juga:

Resep Puding Kopi untuk Camilan Keluarga di Akhir Pekan