4 Resep Makanan Sehat untuk Penderita Hipertensi dan Diabetes

Ilustrasi makanan sehat. (Canva)

kuliner

4 Resep Makanan Sehat untuk Penderita Hipertensi dan Diabetes

Kamis, 11 Maret 2021 19:05 WIB
Reporter : Cantika.com Editor : Kinanti Munggareni

CANTIKA.COM, Jakarta - Mengonsumsi makanan sehat bisa membantu kita mencegah penyakit. Apalagi untuk kamu yang menderita hipertensi atau diabetes. Tahukah kamu bahwa hipertensi dan diabetes yang tak terkontrol bisa menimbulkan komplikasi? 

Ketua Umum Perhimpunan Nefrologi Indonesia (PERNEFRI), dr. Aida Lydia mengatakan kasus gagal ginjal umumnya disebabkan penyakit hipertensi dan diabetes yang tidak terkontrol sehingga menimbulkan komplikasi ke ginjal.

Sebenarnya, ada sejumlah tanda yang bisa seseorang alami saat ginjalnya mengalami penurunan fungsi atau kerusakan antara lain urine atau keluarnya sel darah merah dari urine, pemeriksaan darah ada peningkatan kreatinin, biopsi ginjal atau pencitraan.

Dokter spesialis ginjal sekaligus gizi dari Perhimpunan Nefrologi Indonesia (PERNEFRI), Haerani Rasyid mengatakan, pasien yang mengalami masalah ginjal termasuk gagal ginjal akan mengalami keluhan-keluhan terkait pemenuhan nutrisinya seperti mual, menurunnya nafsu makan seiring penurunan fungsi ginjalnya.

Akibatnya, dia rentan mengalami malnutrisi dan ini akan lebih menurunkan kualitas hidupnya.

Menjaga kesehatan tubuh dengan asupan makanan yang bergizi akan menghindarkan Anda dari komplikasi akibat hipertensi dan diabetes yang tak terkontrol.
Berikut menu pilihan untuk kamu.

Selada Ayam & Mentimun dengan Saus Kacang

Bahan:

¼ cangkir bumbu kacang 

2 sendok makan kecap rendah sodium

2 sendok makan madu

2 sendok makan air

2 sendok teh minyak wijen sangrai

2 sendok teh minyak zaitun

3 batang daun bawang, iris, bagian putih dan hijau dipisahkan

2 sdt merica

1 sendok makan jahe segar cincang

2 sendok teh bawang putih segar cincang

1 pon dada ayam giling

1 cangkir bengkuang potong dadu

16 lembar daun selada

1 cangkir nasi merah

1 cangkir mentimun dibelah dua dan diiris tipis

½ cangkir daun ketumbar segar

Irisan jeruk nipis, untuk penyajian

Cara membuat:Aduk bumbu kacang, kecap, madu, air, dan minyak wijen dalam mangkuk kecil.

Panaskan minyak zaitun dalam wajan antilengket besar dengan api sedang. Tambahkan putih daun bawang, merica, jahe, dan bawang putih; masak sampai mulai lunak, kira-kira 2 menit. Tambahkan ayam; masak, hancurkan dengan sendok, masak sampai matang selama 3 sampai 4 menit.

Tambahkan saus kacang ke dalam adonan ayam; masak sampai kuah mengental, sekitar 3 menit. Dinginkan sebentar. Masukkan bengkuang dan daun bawang.

Untuk penyajian, buat 8 tumpukan masing-masing 2 daun selada. Bagi nasi, campuran ayam, mentimun, dan ketumbar di antara cangkir selada. Sajikan dengan potongan jeruk nipis.

Tumis Daging Sapi Bumbu Jahe dengan Baby Bok Choy

Bahan:

12 ons beef flank steak, suwir

1 sendok makan jahe segar cincang

1 ½ sendok teh kecap rendah sodium

1 sendok teh tepung maizena

1 sendok teh minyak wijen sangrai

2 sendok makan saus rasa tiram

1 sendok makan minyak sayur

1 pon baby bok choy, dipotong-potong menjadi 2 inci (sekitar 8 cangkir)

3 sendok makan kaldu ayam tawar

Cara membuat:

Campurkan daging sapi, jahe, kecap, dan tepung maizena dalam mangkuk sedang; aduk sampai tepung maizena tidak terlihat lagi. Tambahkan minyak wijen dan aduk hingga daging sedikit terlapisi.

Panaskan wajan dengan api besar. Masukkan minyak sayur. Tambahkan daging sapi, masak sampai mulai berwarna coklat, sekitar 1 menit. Tumis lagi sampai berwarna kecoklatan tetapi tidak matang seluruhnya, selama 30 detik hingga 1 menit. Pindahkan ke piring.

Tambahkan bok choy dan kaldu ke dalam wajan. Tutup dan masak hingga bok choy hijau cerah dan hampir semua cairan terserap, 1 hingga 2 menit. Kembalikan daging ke dalam wajan, tambahkan saus tiram, dan tumis sampai daging matang dan bok choy empuk-garing, selama 30 detik hingga 1 menit.

Udang Bayam Bumbu Bawang

Bahan:

3 sendok makan minyak zaitun extra-virgin

6 siung bawang putih ukuran sedang, iris

1 pon bayam

¼ sendok teh garam ditambah 1/8 sendok teh

1 ½ sendok teh kulit lemon

1 sendok makan jus lemon

1 pon udang (21-30 hitungan), kupas dan buang airnya

¼ sendok teh cabai merah tumbuk

1 sendok makan peterseli segar cincang halus

Cara membuat: 

Panaskan 1 sendok makan minyak dalam panci besar dengan api sedang. Tambahkan setengah bagian bawang putih dan masak sampai mulai berwarna coklat, 1 sampai 2 menit. Tambahkan bayam dan 1/4 sendok teh garam dan aduk rata. Masak, aduk sekali atau dua kali, sampai layu sebagian, selama 3 sampai 5 menit. Angkat dari api dan aduk dengan jus lemon. Pindahkan ke mangkuk dan jaga agar tetap hangat.

Besarkan api dan tambahkan sisa 2 sendok makan minyak ke dalam panci. Tambahkan sisa bawang putih dan masak sampai mulai berwarna coklat, 1 sampai 2 menit. Tambahkan udang, cabai merah tumbuk dan sisa 1/8 sendok teh garam; masak, aduk sampai udang matang, 3 sampai 5 menit lagi. Sajikan udang di atas bayam, taburi kulit lemon dan peterseli.

Rujak Mexico

Bahan:

1 nanas segar - kupas, buang bijinya, dan cincang

2 cangkir stroberi iris

½ ketimun besar, kupas dan potong dadu

1 buah mangga, kupas dan potong dadu

1 buah lemon, buat jus

½ sendok teh bumbu jeruk nipis

Cara membuat:

Campur nanas, stroberi, mentimun, dan mangga dalam mangkuk; tambahkan jus lemon dan aduk rata. Taburkan bumbu cabai dan jeruk nipis di atasnya dan aduk.

Itu tadi beberapa resep makanan sehat yang bisa kamu coba untuk makan malam. Untuk kamu yang mengalami hipertensi dan diabetes, usahakanlah untuk selalu mengonsumsi masakan bergizi dan sehat. 

Baca juga: Resep Hari Ini Ikan Panggang Tumis Sayuran, Cocok Buat Resolusi Diet 2021

ANTARA | EATING WELL | ALL RECIPES