Tagar #bakedoats Viral di TikTok, Ini Resep Oatmeal Panggang Mudah

Resep Oat Panggang dari tagar #bakedoats yang viral di TikTok mudah dibuat untuk sarapan sehari-hari. (Canva)

kuliner

Tagar #bakedoats Viral di TikTok, Ini Resep Oatmeal Panggang Mudah

Sabtu, 6 Maret 2021 10:15 WIB
Reporter : Cantika.com Editor : Kinanti Munggareni

CANTIKA.COM, JakartaOatmeal jadi salah satu bahan makanan populer yang selalu menarik diolah. Setelah sajian ala bubur overnight oat begitu tenar lalu lalang di dunia maya, kini baked oats atau oat panggang yang meraih perhatian netizen. 

Yap, #bakedoats viral di TikTok setelah lebih dari 329,1 juta kali dilihat. Angka ini tampaknya akan terus naik. 

Apa sebenarnya baked oats? Ya, seperti namanya ini adalah oat yang dipanggang dan menjadi semacam muffin atau kue lembut. Campurannya terdiri dari telur, susu, hingga pisang.

 (Tiktok/@amberkhealth/@jackiesfooddiary/@bearenger)

Beberapa akun TikTok menggunakan oat bertekstur kasar, sementara yang lainnya menggiling oat terlebih dulu agar menjadi tepung. Yang jelas, alih-alih tepung terigu, oat menjadi bahan dasar utama dari resep ini. 

Alternatif sarapan sehat

Seperti yang kita ketahui, oat memiliki banyak manfaat penting bagi tubuh. Memilih menu ini untuk sarapan bisa memberikanmu nutrisi yang cukup untuk menjalani aktivitas seharian. 

"Oat adalah sumber salah satu jenis serat terbaik yang disebut beta-glukan. Serat ini telah dikaitkan dengan penurunan kolesterol dan mengatur kadar gula bagi mereka yang memiliki tipe 2 diabetes,” sebut ahli gizi Kimberley Neve, dikutip dari Insider. 

"Jenis serat ini sangat baik untuk Anda agar merasa kenyang setelah sarapan lebih lama. Maka gandum menjadi pilihan yang bagus jika Anda mencoba menurunkan berat badan tetapi sering merasa lapar," jelas Kimberly.

Sajian Oat Panggang juga bisa memberikan kebutuhan protein bagi tubuh, jika kamu menambahkannya dengan madu atau sesendok Greek yogurt.

“Setelah makan sarapan berprotein tinggi atau berserat tinggi, orang juga tampaknya mengonsumsi lebih sedikit kalori sepanjang hari," sebut Kimberly. 

Dia melanjutkan, "Meningkatkan asupan protein Anda dapat membantu membangun otot: Asam amino dalam protein yang kita makan membantu memperbaiki jaringan otot setelah berolahraga, begitulah cara kita menjadi lebih kuat. Memiliki protein sepanjang hari berarti Anda akan siap. Tersedia sumber asam amino untuk memperbaiki otot Anda dengan lebih efisien"

Selain karena kandungan gizi dan seratnya, Oat Panggang juga mudah dibuat di pagi hari. Buat kamu yang mau mencoba membuat di rumah, berikut resep Oat Panggang dari Real Simple.

Resep Oat Panggang

Bahan:

½ cup oats

1 butir telur

1 buah pisang (jika tidak ada, gunakan 1/4 cup susu atau tambahkan 1 butir telur)

1 sdm madu  

½ sdt baking soda

Sejumput garam

Bubuk cokelat secukupnya (pilihan)

Cara membuat:

Campur semua bahan dalam blender dan aduk hingga rata.

Taruh adonan ke loyang. Tambahkan topping kesukaanmu. Kamu bisa gunakan cokelat putih parut, almond cincang, hingga irisan stroberi atau pisang. 

Panggang dalam oven dengan suhu 350°F atau 177°C selama 20 hingga 25 menit.

Untuk kamu yang menyukai rasa cokelat bisa menambahkan 1 sdm bubuk cokelat dan parutan cokelat atau cokelat chips.

Sajikan baked oats atau Oat Panggang dan santap selagi hangat. 

Baca juga: Selain Kaya Serat, Simak 3 Manfaat Sarapan Oatmeal

INSIDER | REAL SIMPLE | TIKTOK