5 Manfaat Habbatussauda untuk Kecantikan Wajah

Manfaat habbatussauda telah dikenal sejak zaman Nabi Muhammad SAW. (Canva)

kecantikan

5 Manfaat Habbatussauda untuk Kecantikan Wajah

Jumat, 5 Maret 2021 19:10 WIB
Reporter : Cantika.com Editor : Kinanti Munggareni

CANTIKA.COM, Jakarta - Manfaat habbatussauda atau jintan hitam telah dipercaya sejak lama baik bagi kesehatan. Rempah ini bahkan disebut oleh Nabi Muhammad SAW sebagai ramuan berkah yang bisa menyembuhkan segala penyakit selain kematian. 

Selain sebagai obat dan suplemen kesehatan, jintan hitam juga sering digunakan sebagai bumbu masakan ataupun pengawet makanan. 

Belakangan, biji hitam ini juga dipercaya bisa bermanfaat bagi kecantikan, loh. Salah satunya untuk mengatasi jerawat, hingga membantu pertumbuhan rambut. 

Habbatussauda, biji hitam dari barat daya Asia

Habbatussauda punya nama latin Nigella sativa. Biji hitam ini berasal dari tanaman 

Nigella sativa adalah semak berbunga kecil dengan bunga berwarna ungu atau putih. Tumbuhan ini berasal dari wilayah barat daya Asia dan Mediterania. Namun, ia juga tumbuh di seluruh India, Timur Tengah, dan Eropa Timur. 

Biji hitam ini telah digunakan sebagai pengobatan selama ribuan tahun, salah satunya oleh peradaban Mesir kuno.

Arkeolog pernah menemukan biji hitam di makam Raja Tut. Bukti ini menekankan pentingnya biji hitam dalam sejarah untuk penyembuhan dan perlindungan. 

Segudang manfaat habbatussauda bagi kesehatan

Minyak jintan hitam telah terbukti memiliki sifat antioksidan. Ini dapat membantu meredakan peradangan di dalam tubuh dan pada kulit. 

Jintan hitam juga diketahui mengandung sejumlah bahan aktif alami, termasuk asam lemak esensial, asam amino esensial, zat tanin, zat besi, dan kalsium. 

Habbatussauda juga memiliki kandungan anti-kanker. 

Manfaat habbatussauda untuk kecantikan alami

Segala kandungan bahan aktif alami dan zat di dalam habbatussauda memberikan potensi sebagai antimikroba, anti-penuaan, memicu pertumbuhan rambut, dan mampu memberi perlindungan dari sinar matahari.

Berikut manfaat habbatussauda untuk kecantikan yang telah dirangkum oleh Healthline.

Jerawat: Menurut Journal of Dermatology & Dermatologic Surgery, mengoleskan lotion yang dibuat dengan 10 persen minyak habbatussauda secara signifikan mengurangi timbulnya jerawat setelah dua bulan. Mereka yang berpartisipasi dalam studi tersebut melaporkan kepuasan 67 persen.

Menghidrasi rambut: Minyak jintan hitam bisa melembutkan dan mengilaukan rambut. Caranya dengan mengoleskan minyak ini ke rambut.

Psoriasis: Menerapkan minyak jintan hitam telah terbukti mengurangi kejadian plak psoriasis.

Melembutkan kulit: Minyak jintan hitam telah ditambahkan ke minyak dan pelembab untuk meningkatkan kelembapan dan hidrasi kulit.

Penyembuhan luka: Aplikasi minyak jintan hitam telah terbukti mengurangi peradangan dan keberadaan bakteri untuk membantu penyembuhan luka. Meskipun tampaknya tidak membantu dalam menumbuhkan serat kolagen baru, ia merangsang faktor pertumbuhan lain untuk membantu tubuh menciptakan kulit baru yang sehat.

Meski dalam sejumlah penelitian manfaat habbatussauda terbukti baik bagi kesehatan dan kecantikan, Anda harus tetap berkonsultasi dengan dokter. Perlu diperhatikan juga, penggunaan minyak jintan tidak boleh menggantikan resep perawatan yang diberikan oleh dokter Anda. 

Baca juga: Khasiat Habbatussauda untuk Penuaan Dini dan Tingkatkan Imunitas

VERYWELL HEALTH | HEALTHLINE | International Journal of Pharmaceutical Sciences and Research | PROCEDIA Social and Behavioral Science