Asmirandah Menurunkan Berat Badan dengan Cara Ini: Buat Nanti Program Anak Kedua

Asmirandah bersama anak pertamanya dengan Jonas Rivanno, Chloe Emmanuelle Van Wattimena. Instagram/@asmirandah89

ragam

Asmirandah Menurunkan Berat Badan dengan Cara Ini: Buat Nanti Program Anak Kedua

Kamis, 4 Maret 2021 10:50 WIB
Reporter : Cantika.com Editor : Silvy Riana Putri

CANTIKA.COM, Jakarta - Sama seperti ibu hamil lainnya, aktris Asmirandah mengalami kenaikan berat badan selama mengandung anak pertamanya dengan Jonas Rivanno, Chloe Emmanuelle Van Wattimena atau Chloe. Ia mengungkapkan berat badannya naik sebanyak 25 kilogram. Hal itu ia ungkapkan saat menjawab pertanyaan dari warganet atau netizen di Instagram Stories, Kamis, 4 Maret 2021.

Satu bulan setelah melahirkan, berat badannya turun sebanyak 12 kg. Kemudian berat badannya naik lagi saat liburan bersama Jonas. 

"Tapi pas 45 hari after lahiran diajak pergi sama Papanya Chloe jadi naik lagi deh 4kg (karena kebanyakan makan enak) total sekarang turun ya jadi baru udah turun 10 kg nih. Masih gemuk loh aku tapi happy karena gemuk ada si kecil," tukasnya.

Asmirandah mengaku tak terburu-buru menurunkan berat badan karena ia masih memberikan Air Susu Ibu atau ASI Eksklusif kepada Chloe yang lahir pada 25 Desember 2020. Ia juga menikmati perubahan bentuk tubuhnya yang menggemuk usai lahiran. 

Meski begitu, ia secara bertahap menurunkan berat badan dengan olahraga ringan dan makan bersih. Ia tak memilih diet karena mempertimbangkan gizi ASI-nya. Menu makan bersih ala Asmirandah pernah ia bagikan di unggahan Instagram Stories-nya awal Februari 2021. Di antaranya nasi merah, sayur kacang panjang, ayam goreng, ikan, dan dua piring berisi buah potong.

Unggahan Instagram Stories Asmirandah pada Kamis, 4 Maret 2021. Tangkapan layar Instagram @asmirandah

Selain memperhatikan gizi dalam makanan, ada faktor lain yang membantu menurunkan berat badan ibu usai melahirkan, melansir laman Times of India. Di antaranya makan tepat waktu. Sebab melewatkan waktu makan adalah kesalahan terburuk yang dilakukan orang saat mencoba menurunkan berat badan. 

Ketika Anda merasa lapar dengan melewatkan waktu makan utama, metabolisme tubuh akan melambat. Proses ini tidak hanya mengekstraksi lebih banyak lemak dari makanan terbatas yang masuk tetapi juga menyimpannya di dalam tubuh, yang menyebabkan penambahan berat badan.

Tak hanya itu, dianjurkan untuk menghindari konsumsi gula dan karbohidrat olahan berlebihan. Makanan manis, soda, dan makanan berminyak tidak hanya menambah berat badan, tetapi juga berdampak negatif pada kesehatan setelah melahirkan.

Mengontrol porsi makan juga berperan penting. Dan yang tak boleh diabaikan adalah waktu tidur yang cukup. Pola tidur yang tepat tidak hanya penting untuk mengisi energi, tetapi juga mencegah beberapa masalah kesehatan. Ibu yang kurang tidur  lebih sulit menghilangkan lemak daripada mereka yang bisa cukup tidur.

Kembali ke soal penurunan berat badan Asmirandah, selain demi kesehatan dan kembali ke bentuk badan semula, ia mengaku itu juga bagian dari persiapannya program anak kedua. "Turunin berat badan juga biar gak terlalu berat buat nanti program adiknya Chloe (emotikon tertawa) hihihi," ungkap perempuan berusia 31 tahun itu.

Seperti kita ketahui bersama, Asmirandah dan Jonas Rivanno menjalani program bayi tabung untuk memperoleh keturunan. Ia mulai menjalani program pada Februari 2020 dan mendapat kabar positif hamil 45 hari setelahnya. Selama menjalani program, Asmirandah kerap membagikan pengalamannya di media sosial.

Baca juga:

Ajak Chloe Bepergian, Asmirandah Bawa Bak Mandi Portable dan Termometer