Selain Kontrol Porsi, 3 Tips Ini Bantu Menurunkan Berat Badan usai Melahirkan

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Silvy Riana Putri

google-image
Ilustrasi wanita makan. Freepik.com/Senivpetro

Ilustrasi wanita makan. Freepik.com/Senivpetro

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta - Mengembalikan berat badan ideal menjadi perhatian sejumlah ibu baru melahirkan. Hal itu bisa terwujud secara bertahap. Sebab setelah melahirkan, berat badan tidak langsung turun drastis.

Ada sejumlah aktivitas setelah melahirkan, termasuk menyusui, bisa membantu menurunkannya secara pelan-pelan. Selain itu, berikut sejumlah tips yang dapat Anda coba untuk menurunkan berat badan setelah melahirkan, tanpa menimbulkan risiko, seperti dikutip dari Times of India, Selasa, 29 September 2020.

4 Tips yang Bantu Menurunkan Berat Badan usai Melahirkan

1. Melewatkan waktu makan utama

Melewatkan waktu makan adalah kesalahan terburuk yang dilakukan orang saat mencoba menurunkan berat badan. Memang ada anggapan umum bahwa mengurangi asupan akan membantu menurunkan berat badan, padahal yang terjadi justru sebaliknya.

Ketika Anda merasa lapar dengan melewatkan waktu makan utama, metabolisme tubuh akan melambat. Proses ini tidak hanya mengekstraksi lebih banyak lemak dari makanan terbatas yang masuk tetapi juga menyimpannya di dalam tubuh, yang menyebabkan penambahan berat badan.

2. Hindari gula dan karbohidrat olahan berlebihan

Makanan yang kaya gula dan gorengan coret dari daftar menu terutama setelah melahirkan. Tubuh Anda membutuhkan nutrisi yang tepat seperti vitamin, serat, dan mineral.

Makanan manis, soda, dan makanan berminyak tidak hanya menambah berat badan, tetapi juga berdampak negatif pada kesehatan setelah melahirkan. Mengidam adalah hal yang umum setelah kehamilan. Anda bisa menggantinya dengan makanan pencuci mulut dalam jumlah kecil.

3. Kontrol porsi makanan

Mengontrol porsi makanan memiliki efek yang jauh lebih baik pada tubuh dibandingkan melewatkan waktu makan. Anda harus berkonsultasi dengan ahli gizi terlebih dahulu untuk membantu membuat bagan diet untuk mencukupi kebutuhan nutrisi harian, bersama dengan kontrol porsi.

4. Tidur yang cukup

Kebanyakan orang mengabaikan keterkaitan tidur dengan berat badan. Pola tidur yang tepat tidak hanya penting untuk mengisi energi, tetapi juga mencegah beberapa masalah kesehatan. Ibu yang kurang tidur memiliki lebih sulit menghilangkan lemak daripada mereka yang bisa cukup tidur.

MILA NOVITA

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."