Sebelum Tutup Usia, Unggahan-unggahan Rina Gunawan Berisi Pesan Sarat Makna

Selain dikenal sebagai presenter dan aktris, Rina Gunawan juga dikenal sebagai pebisnis yang terjun di dunia wedding organizer. Instagram

ragam

Sebelum Tutup Usia, Unggahan-unggahan Rina Gunawan Berisi Pesan Sarat Makna

Rabu, 3 Maret 2021 08:00 WIB
Reporter : Cantika.com Editor : Silvy Riana Putri

CANTIKA.COM, Jakarta - Kabar duka datang dari dunia hiburan Tanah Air. Presenter dan aktris Rina Gunawan meninggal pada Selasa, 2 Maret 2021 di usia 46 tahun. Diduga, presenter yang juga pebisnis wedding organizer ini wafat setelah menderita COVID-19. Sebelumnya, ia mengaku kepada rekan sesama selebritasnya, penyanyi Ashanty, bahwa ia memiliki penyakit bawaan asma dan sempat dirawat di Intensive Care Unit (ICU).

Dalam unggahan-unggahan terakhir di Instagram yang baru dibuatnya karena akun lamanya dibajak, Rina Gunawan mengisyaratkan pesan sarat makna sebelum tutup usia. Istri Teddy Syah itu mengawali unggahannya dengan beberapa momen liburan keluarga di Bali dan pada Desember 2020. 

"This is Us Aqshal, Nisya, Rina Gunawan, Teddy Syach. Kami yang apa adanya ini menikmati suasana pantai Kuta di Bali. Desember 2020. So here we are...." tulisnya di keterangan Instagram, 11 Februari 2021, disertai foto keluarga mengenakan busana hijau army di tepi pantai.

Unggahan ini menunjukkan secuplik kebahagiaan Rina sebelum menghadap Yang Kuasa. Ia banyak menghabiskan waktu bersama keluarga

Satu hari kemudian, Rina mengunggah video slow motion ia dan Teddy tampak belakang, berjalan sambil berpegangan tangan dan menatap mesra menuju pantai. Di unggahan itu, ia mengungkapkan kisah cinta mereka akan bertahan hingga maut memisahkan dan bertemu di surga.

"Until Jannah with you forever & ever," ucapnya di keterangan foto Instagram, 12 Februari 2021.

Sejumlah warganet yang membaca kembali unggahan itu mengungkapkan duka mereka yang mendalam hingga menyatakan kalimat tersebut bak firasat orang sebelum meninggal.

"Masya Allah ternyata beneran until jannah forever n ever teh Rina," ucap akun @amilovfre.

"Firasat seseorang yang akan berpulang ke Rahmatullah, sebelum 40 hari itu biasanya banyak terjadi & meninggalkan suatu kalimat yang berkesan," komentar akun @dinie_ab.

Masih di tanggal yang sama, Rina kemudian mengunggah foto ia di dalam ruangan dari balik jendela kaca menatap ke arah langit yang saat itu tampak cerah. Dalam keterangan unggahannya, ia menulis, "Ceritanya..ini gaya "menatap masa depan."

Setelah unggahan menatap masa depan yang sarat makna, Rina menguntai pesan bahwa sehat itu mahal saat sakit. 

"Sehat itu murah, tetapi menjadi mahal ketika berubah menjadi sakit," katanya disertai foto ia memakai jaket olahraga biru dan busana serba hitam termasuk jilbabnya.

Beberapa bulan sebelum meninggal, Rina Gunawan diketahui berhasil menurunkan berat badan sebanyak 30 kilogram dalam waktu 5 bulan. Ia menjalani diet ketat demi menjaga kesehatannya. Dalam suatu acara bincang-bincang, ia sempat menceritakan diet itu dilakukan karena berat badannya sempat sampai 103,7 kilogram selama pandemi.

Semoga pesan sarat makna di beberapa unggahan terakhir Rina Gunawan jadi pengingat untuk kita bersama. Yaitu pentingnya menjaga kesehatan, menghabiskan waktu bersama keluarga, dan menjaga cinta dengan pasangan hingga maut memisahkan. 

Rina Gunawan menikah dengan aktor Teddy Syah pada 11 April 1999 silam. Pasangan ini dianugerahi dua anak, yakni Aqshal Ilham Syafatullah dan Karnisya Rahmasyach.

Jenazah Rina akan dimakamkan di Taman Pemakaman Umum (TPU) Tanah Kusir, Jakarta Selatan, pada hari ini, Rabu, 3 Maret 2021.

Baca juga:

Mengenang Rina Gunawan, Presenter AMKM yang Banting Setir Jadi Pebisnis

SILVY RIANA PUTRI | KINANTI MUNGGARENI | MITRA TARIGAN