Mengenang Rina Gunawan, Presenter AMKM yang Banting Setir Jadi Pebisnis

Dari unggahan penyanyi Ashanty yang menampilkan chat terakhir, sebelum meninggal, Rina Gunawan diketahui terinfeksi Covid-19. Selain itu, Rina dilaporkan memiliki penyakin asma. Instagram

profil

Mengenang Rina Gunawan, Presenter AMKM yang Banting Setir Jadi Pebisnis

Selasa, 2 Maret 2021 22:39 WIB
Reporter : Cantika.com Editor : Kinanti Munggareni

CANTIKA.COM, Jakarta - Rina Gunawan meninggal dunia pada Selasa, 2 Maret 2021 di usia 46 tahun. Diduga, Rina berpulang setelah menderita COVID-19. Sebelumnya, presenter yang juga pebisnis wedding organizer ini mengaku kepada rekan sesama selebritasnya, Ashanty, bahwa ia memiliki penyakit bawaan asma dan sempat dirawat di ICU.

Meski belakangan dikenal sebagai pebisnis, Rina Gunawan sempat tenar sebagai seorang presenter. Namun, awal masuknya Rina ke industri hiburan justru dilalui dengan jalur tarik suara. 

Rina pernah mengeluarkan tiga album musik, yakni Yudi (1996) dan Semalam Kau di Mana (1999). Ia juga sempat berperan dalam sejumlah sinetron, salah satunya adalah Si Doel Anak Sekolahan. Dalam sinetron populer ini, ia berperan sebagai sahabat Sarah yang diperankan oleh Cornelia Agatha.

Ia juga pernah berperan dalam sinetron Erte Erwe (Rumah Tangga Ruwet), Pat Pat Gulipat, dan Mat Angin. 

Sejumlah acara televisi pernah dibawakan Rina Gunawan. Salah satunya adalah AMKM atau Anda Meminta Kami Memutar. Acara yang disiarkan di TPI ini mirip dengan program request lagu di radio Sonora yang juga punya nama sama. 

Selain itu, Rina juga sempat memandu Campur-Campur pada tahun 2002 hingga 2005. Rina sempat cuti melahirkan anak kedua saat bertugas membawakan acara talkshow yang punya tagline "Semua deh ada di sini" ini. 

Selanjutnya Rina lebih dikenal sebagai pebisnis di bidang Wedding dan Event Organizer. 

Rina Gunawan menikah dengan Tedy Sjah pada 11 April 1999 silam. Pasangan ini dikaruniai dua anak, yakni Aqshal Ilham Syafatullah dan Karnisya Rahmasyach. 

Baca juga: Panduan Merawat Pasien COVID-19 yang Isolasi Mandiri di Rumah