Waspada, 4 Risiko Kesehatan Minum Teh Hijau saat Perut Kosong

Ilustrasi teh hijau. Pixabay.com/Free-Photos

kesehatan

Waspada, 4 Risiko Kesehatan Minum Teh Hijau saat Perut Kosong

Selasa, 2 Februari 2021 16:10 WIB
Reporter : Cantika.com Editor : Silvy Riana Putri

CANTIKA.COM, Jakarta - Sederet manfaat teh hijau untuk kesehatan tubuh. Di antaranya teh hijau bantu menurunkan berat badan hingga menstabilkan kadar gula darah. Beberapa orang memilih minum teh hijau saat mengawali pagi. Tapi amankah meminum teh hijau dengan kondisi perut kosong? Jawabannya tidak.

Ada sejumlah risiko kesehatan yang patut diwaspadai jika minum teh hijau tanpa menyantap makanan apa pun sebelumnya

1. Sakit perut, sembelit dan mual

Teh hijau memiliki tanin yang dapat meningkatkan asam lambung yang menyebabkan sakit perut. Asam yang berlebihan di perut bisa membuat seseorang merasa mual. Hal itu dapat menyebabkan masalah sembelit.

Penderita tukak lambung atau refluks asam disarankan untuk tidak minum teh hijau di pagi hari. Itu bisa memperburuk kondisi mereka.

2. Gangguan perdarahan

Bila minum teh dalam kondisi perut kosong, senyawa dalam teh mempengaruhi tubuh dan darah lebih cepat ketimbang saat minum teh setelah makan. Salah satu efeknya adalah mengurangi protein yang membantu pembekuan darah. Teh tidak memungkinkan oksidasi asam lemak karena antioksidannya, yang dapat mengencerkan konsistensi darah.

Jadi, penderita gangguan pembekuan darah sebaiknya tidak mengonsumsi teh hijau saat perut kosong.

3. Menganggu penyerapan zat besi pada penderita anemia 

Teh hijau dapat menurunkan kemampuan tubuh dalam menyerap zat besi secara alami. Oleh karena itu, penderita anemia disarankan untuk tidak mengonsumsi teh hijau. Namun jika tetap ingin mengonsumsinya, tidak boleh rutin dan tentunya tidak dalam keadaan perut kosong.

4. Bisa meningkatkan detak jantung dan tekanan darah

Kafein dalam teh hijau merangsang kelenjar adrenal, yang melepaskan hormon stres seperti kortisol dan adrenalin. Hal ini, pada gilirannya, meningkatkan tekanan darah dan detak jantung, yang tidak baik bagi pasien jantung.

Dalam jangka panjang, ini dapat menyebabkan kelelahan adrenal (kelenjar adrenal yang terlalu banyak bekerja).

Lantas, kapan waktu terbaik untuk minum teh hijau? Yang terbaik adalah mengonsumsi teh hijau di pagi hari tetapi dengan sedikit makanan ringan. Atau Anda bisa memilih dua biskuit gandum atau buah sebagai teman minum teh hijau.

Sebenarnya soal waktu minum teh juga bisa fleksibel tergantung pilihan masing-masing. Ada yang suka meminumnya sebelum olahraga, sementara yang lain setelah beraktivitas. Yang pasti, ingat selalu jangan minum teh hijau dalam kondisi perut kosong.

TIMES OF INDIA