Dokter Reisa Cerita Gejala yang Dialami usai Disuntik Vaksin COVID-19

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Silvy Riana Putri

google-image
Reisa Broto Asmoro (Instagram/@reisabrotoasmoro)

Reisa Broto Asmoro (Instagram/@reisabrotoasmoro)

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta - Dokter Reisa Broto Asmoro atau akrab disapa Dokter Reisa salah satu orang yang menerima suntikan vaksin COVID-19 perdana pada Rabu, 13 Januari 2021, di Istana Merdeka, Jakarta. Lebih dari sepekan setelah mendapatkan vaksin, juru bicara Satuan Tugas Penanganan COVID-19 itu menceritakan gejala yang dia rasakan saat Instagram Live bersama dengan Raffi Ahmad- Nagita Slavina dan Ariel Noah, Sabtu, 23 Januari 2021.

Dalam bincang-bincang itu, Raffi Ahmad, yang juga divaksin di tempat yang sama dengan dokter Reisa, mengatakan bahwa ia merasa pegal dan mengantuk selama dua atau tiga hari pertama. Setelah itu hilang.

“Sama sih, aku juga ngantuk. Hari itu dirasa-rasain, kan. Iya sih ada pegalnya dikit,” ujar dokter Reisa.  

Dokter yang juga Puteri Indonesia Lingkungan 2010 itu mengatakan bahwa vaksin Sinovac yang dipakai di Indonesia berisi virus mati atau yang sudah dilemahkan. Jadi efek samping yang muncul setelahnya tergolong paling rendah dibandingkan dengan vaksin hidup.

Reisa Broto Asmoro, Raffi Ahmad - Nagita Slavina, dan Ariel Noah berbincang-bincang tentang vaksin COVID-19 melalui Instagram Live, Sabtu, 23 Januari 2021. (Instagram/@raffiahmad)

“Sejauh ini kita tahunya orang-orang yang sudah divaksin Sinovac nggak ada keluhan berarti. KIPI (Komisi Nasional Kejadian Ikutan Pasca Imunisasi) juga memantau,” tuturnya.

Beberapa keluhan yang muncul, menurut Reisa, antara lain nyeri di bekas suntikan, pegal sedikit, rasa mengantuk, sakit kepala, dan demam yang kejadiannya sangat sedikit.

“Ada juga rash, merah-merah, yang muncul 4 jam lalu hilang sendiri, karena itu reaksi wajar, respons tubuh untuk antisipasi terhadap benda asing ini, yang langsung dikenali. Justru efeknya seperti itu,” imbuh ibu dua anak itu.

Baca juga: Pengalaman Pertama Dokter Reisa Broto Asmoro Disuntik Vaksin Covid-19

Namun, dari kelompok yang divaksin di Istana bersama Presiden Joko Widodo, Reisa mengatakan tak ada yang mengalami gejala demam. Ia mendapat kabar gejala ini dari berita-berita tenaga medis yang sudah mendapatkan vaksin.

Sementara itu, Ariel vokalis band Noah, yang divaksin di Bandung sehari setelah Raffi Ahmad dan dokter Reisa, juga mengaku sempat merasa tubuhnya agak hangat, seperti merasa demam. Namun, ketika dicek dengan termometer, suhu tubuhnya ternyata normal.

Dokter Reisa mengatakan gejala yang dirasakan Ariel adalah hal normal. “Ada dua hal, memang sumeng karena respons tubuh jadi suhu tubuh naik, atau kita nyari-nyari aja. Sugesti. Tapi nggak usah khawatir, kalau demam kan ada obat penurun panas. Besoknya juga hilang reaksinya,” jelasnya.

Reisa Broto Asmoro akan mendapat dua kali vaksin COVID-19. Setelah yang pertama pada 13 Januari 2021, ia dan rombongan vaksin perdana akan mendapatkan booster atau vaksin kedua 14 hari setelahnya atau 27 Januari 2021 untuk perlindungan yang optimal.

MILA NOVITA

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."