Didiet Maulana Rilis Buku Kisah Kebaya, Belajar Mengenal Identitas Negeri

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Silvy Riana Putri

google-image
Perancang busana Didiet Maulana akan meluncurkan buku Kisah Kebaya pada 24 Februari 2021. Instagram/@kisahkebayabydm

Perancang busana Didiet Maulana akan meluncurkan buku Kisah Kebaya pada 24 Februari 2021. Instagram/@kisahkebayabydm

IKLAN

CANTIKA.COM, JakartaDidiet Maulana tak hanya dikenal sebagai creativepreneur dan desainer muda berbakat, ia juga menaruh perhatian besar pada wastra Nusantara. Dengan beragam kreativitasnya dalam berkarya, Didiet Maulana menuangkan lewat sebuah buku berjudul Kisah Kebaya, yang merupakan buku pertamanya. 

Di buku itu, Didiet mengisahkan pengaruh sang nenek dalam merancang kebaya
hingga akhirnya berkarier di dunia mode Indonesia lewat IKAT Indonesia. Tentunya, ia juga menceritakan proses menciptakan kebaya disertai visual cantik dari berbagai rancangannya. Didiet melalui riset selama enam tahun tentang kebaya, menelusuri seluk-beluk kebaya, dan merupa kebaya.

"Kebaya yang beberapa dekade ini dilihat sebagai sebuah objek eksklusif yang hanya dikeluarkan oleh rumah mode dari desainer, dengan adanya buku ini, semoga bisa membuat lebih banyak orang atau penjahit rumahan untuk menciptakan kebaya yang indah,” ucap Didiet Maulana dalam peluncuran virtual buku Kisah Kebaya pada Senin, 18 Januari 2021, yang bertepatan dengan ulang tahunnya ke-40.

Menurut Didiet, kebaya yang kita kenal sekarang sudah disebut oleh Stamford Raffles pada 1817. Kebaya di masa itu dikenal sebagai blus bukaan depan dengan bahan renda, brokat, dan velvet, lalu dikencangkan dengan bros.

Hingga saat ini, kebaya masih eksis dan tidak punah setelah melalui puluhan hingga ratusan proses akulturasi dengan beragam budaya. Oleh karena itu, mengenal kebaya juga artinya belajar mengenal identitas negeri ini.

"Itu yang saya rasa ketika membaca dan riset tentang kebaya beberapa tahun belakangan ini. Seperti selalu ada kejutan menyenangkan dari masa lalu dan inspirasi yang tersulut dari sejarah," ungkapnya.

"Semoga menginspirasi Anda juga untuk ikut mengenal identitas diri lewat kebaya," tambahnya.

Baca juga: Romansa Tanimbar, Eksotisme Tenun Indonesia Timur dari IKAT Indonesia

Didukung sejumlah tokoh inspiratif dari berbagai latar belakang, seperti Andien Aisyah, Maudy Ayunda, Dominique Diyose, Najwa Shihab, Izabel Jahja, Sri Mulyani, hingga Mien Uno, buku ini juga memotret keanggunan para perempuan Indonesia yang turut merayakan dualitas busana daerah Indonesia, moderen tapi juga klasik.

Buku Kisah Kebaya dijadwalkan rilis pada 24 Februari 2021. Semoga buku karya Didiet Maulana bisa menambah referensi bacaan Anda dan menginspirasi generasi muda untuk lebih mengenal kebaya serta wastra Nusantara.

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."