Mengenal Lebih Dekat Wirda Mansur, Putri Sulung Yusuf Mansur

Wirda Mansur, putri Yusuf Mansur. Instagram/@wirda_mansur

profil

Mengenal Lebih Dekat Wirda Mansur, Putri Sulung Yusuf Mansur

Rabu, 20 Januari 2021 20:30 WIB
Reporter : Tempo.co Editor : Silvy Riana Putri

CANTIKA.COM, Jakarta - Nama Wirda Mansur tengah menjadi perbincangan di masyarakat. Lantaran sang ayah, Yusuf Mansur, mengutarakan keinginan untuk menjodohkan putrinya dengan putra almarhum Syekh Ali Jaber, Al Hasan Ali Jaber. Yusuf Mansur menyampaikan hal itu dalam acara Siraman Qolbu yang tayang di MNC TV, Rabu, 13 Januari 2021.

Mendengar usia Hasan 20 tahun, Yusuf Mansur tiba-tiba mengatakan, "Jodohin sama Wirda aja kali ya. Wirda 19 (tahun) dia 20 (tahun) pas itu, kalau anaknya mau (dijodohin)," kata Yusuf Mansur dikutip dari video yang diunggah kanal YouTube MNCTV Official pada Selasa, 19 Januari 2021.

Terlepas dari harapan sang ayah, sosok Wirda Mansur termasuk generasi milenial yang berbisnis sedari muda. Ia membidani sejumlah bisnis, bahkan baru-baru ini ia menjadi salah satu petinggi di perusahaan Paytren. Yuk, kita mengenal lebih dekat putri sulung dari pasangan Yusuf Mansur dan Siti Maemunah.

4 Fakta Wirda Mansur yang dihimpun dari berbagai sumber

1. Menjadi Hafidzoh atau Penghafal Al-Qur'an di Usia 14 Tahun

Wirda mulai menghafal Al-Qur'an sejak usia 7 tahun. Ia menyadari bahwa memiliki kemampuan menghafal lebih baik dibanding teman-teman seusianya. Sehingga ketika sekolah Wirda dikenal sebagai siswi yang cepat menghafal, termasuk Al-Qur'an.

"Kalau dari sekolah disuruh ngafalin satu baris, aku satu halaman. Kelas 1 SD udah bisa baca Qur'an, bahkan udah ngajar Iqro," kata Wirda di kanal YouTube Oki Setiana Dewi pada 13 September 2020.

Padahal kedua orang tua Wirda tidak pernah memaksanya untuk bisa menghafal Al-Qur'an di usia dini. Wirda tidak pernah diberikan keistimewaan, meski ayahnya merupakan pendakwah terkenal. Seperti anak-anak lainnya, Wirda saat itu belajar di Taman Pendidikan Al-Qur'an atau TPA.

2. Punya Bisnis Kosmetik hingga Travel

Wirda sejak remaja sudah terjun ke dunia bisnis, mulai dari kosmetik, hijab, hingga travel. Bisnis kosmetiknya bernama WakeupMakeup Cosmetics dirilis pada 1 Desember 2019 yang merupakan hasil kolaborasinya bersama Mustika Ratu dan Mustika Puteri.

"Terima Kasih atas segala support & doanya teman-teman semua impian gue pengen punya brand kosmetik halal, Alhamdulillah sudah terealisasikan. Kini, giliran kalian yang mengejar mimpi!" tulis perempuan dengan nama lengkap Wirda Salamah Ulya di Instagram-nya pada 1 Desember 2019.

Baca juga: Lika-liku Sampai Jadi Kosmetik Halal dan Baik

3. Kuliah di Inggris Jurusan Bisnis

Wirda menempuh pendidikan di Universita Buckingham, Inggris, dengan jurusan Business Enterprise. Keberhasilannya masuk ke dalam universitas ternama itu berkat usahanya sendiri tanpa campur tangan dari orang tuanya, bahkan Wirda membayar sendiri untuk biaya kuliahnya.

Perempuan kelahiran 29 November 2000 itu termasuk cepat diterima di jurusan tersebut karena sudah menjalani lima bisnis sebelumnya sehingga ia tidak perlu melalui proses yang panjang sampai akhirnya diterima.

"Harusnya tahun 2018 aku masuk (kuliah), cuma aku ambil cuti dulu karena pengen benerin usaha, lagi banyak banget project-project, sampai akhirnya 2020, pas mau balik alhamdulillah Covid," kata Wirda di kanal YouTube Oki Setiana Dewi pada 14 September 2020.

4. Menjadi Direktur Inovasi dan Pengembangan PayTren

Wirda baru saja diangkat menjadi Direktur Inovasi dan Pengembangan PT. Veritra Sentosa Internasional (Treni), perusahaan teknologi finansial atau fintech yang dikenal dengan aplikasi Paytren yang didirikan oleh Yusuf Mansur. Hal ini disampaikan melalui akun Instagram resmi @paytren_official pada Sabtu, 16 Januari 2021.

"Semoga di bawah kepemimpinan beliau PayTren dapat menjadi E-Money yang terus berinovasi melahirkan ide-ide cemerlang untuk kemudahan seluruh pengguna Aplikasi Paytren," bunyi pengumuman tersebut.

Di Instagram-nya, Wirda juga mengungkapkan sebagai wajah baru di Paytren.

"Izinkan gue ngenalin Paytren babak baru. Dan kini, gue hadir sebagai wajah baru Direktur Inovasi & Pengembangan Paytren. Aplikasi bayar-bayar, selayaknya kalian pake Gopay, Ovo, dll. Karya anak bangsa, untuk bangsa. Insyaa Allah kalo kita semua kompak, saling support, genggam tangan, bahu membahu, kita bisa banget kok, maju bersama!" tulisnya di keterangan foto Instagram pada Jumat, 15 Januari 2021

MARVELA