Psikolog Sarankan 6 Cara Ini untuk Redakan Panik saat Mendapat Berita Buruk

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Silvy Riana Putri

google-image
Ilustrasi wanita. Freepik.com/Jcomp

Ilustrasi wanita. Freepik.com/Jcomp

IKLAN

5. Latihan mindfullnes

"Latihan mindfulness juga bisa memberi Anda ketenangan pikiran di tengah kekacauan," jelas Krimer. "Perhatian dapat membantu kita membangun [cadangan emosi kita] sehingga kita tahu ketika kita terlalu tenggelam dengan musibah atau tragedi yang terjadi. Jaga hati dan pikiran Anda sendiri." 

6. Memberi atau Mencari Bantuan

Ikut membantu secara langsung maupun tidak dalam musibah atau tragedi yang terjadi juga bisa meredakan kepanikan Anda.

"Saya mencoba untuk terlibat - untuk mengatasi kesusahan saya dan mengatasinya - baik secara langsung dengan membantu, secara tidak langsung dengan berkontribusi dan mendukung orang lain yang berada dalam peran membantu," tutur Klapow. Selain itu, membantu orang lain dapat membuat Anda merasa lebih penuh harapan dan optimis tentang dunia di sekitar Anda.

"Setiap kali Anda merasa kewalahan mendengar berita, pikirkan satu atau dua hal konkret yang dapat Anda lakukan untuk menjadikan dunia tempat yang lebih baik," imbuh Mallonee.

Memiliki respons trauma terhadap berita adalah hal biasa, tetapi jangan takut untuk meminta bantuan jika Anda membutuhkannya.

"Jika berita itu telah memicu Anda ke titik di mana Anda tidak yakin bagaimana mendapatkan keseimbangan lagi, atau jika itu membawa kenangan menyakitkan tentang hal-hal menakutkan dari masa lalu Anda sendiri, sebaiknya konsultasi dengan terapis yang bisa membantu Anda menemukan cara terbaik untuk menjaga diri sendiri," saran Mallonee.

NIA PRATIWI

Halaman

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."