Psikolog Sarankan 6 Cara Ini untuk Redakan Panik saat Mendapat Berita Buruk

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Silvy Riana Putri

google-image
Ilustrasi wanita. Freepik.com/Jcomp

Ilustrasi wanita. Freepik.com/Jcomp

IKLAN

3. Terima Bagaimana Perasaan 

Kunci lain untuk merasa lebih baik adalah bersikap lembut pada diri sendiri saat Anda perlu istirahat atau melepaskan diri sepenuhnya dari siklus berita. Mengakui perasaan negatif Anda adalah langkah penting di sini, karena melawannya tidak akan menghilangkan rasa sakitnya.

"Biarkan diri Anda merasa kesal tentang apa yang terjadi [...] tanpa menghakimi diri sendiri atau merasa stres karena Anda merasa buruk," kata psikolog klinis berlisensi Lata K. McGinn, Ph.D., salah satu pendiri Cognitive & Behavioral Konsultan. Cobalah untuk tidak fokus pada keharusan dan tidak seharusnya.

"Anda akan cemas jika berandai-andai sesuatu yang menjengkelkan terjadi," kata McGinn. "Jangan menilai atau mencoba menghentikannya."

4. Fokus pada Pernapasan

Bernapas dengan benar adalah kunci untuk mengembalikan tubuh Anda dari kecemasan. "Ketahuilah bahwa napas Anda memiliki hubungan sangat penting dengan sistem saraf Anda ... Jika Anda kesal karena sesuatu yang baru saja Anda dengar atau sesuatu yang terjadi, pastikan Anda mengambil napas dalam-dalam secara teratur dengan mengembuskan napas lebih lama daripada menarik napas," ungkap Eileen Purdy, terapis kecemasan.

Salah satu latihan yang disarankan Purdy adalah menarik napas selama empat hitungan, lalu tahan selama empat, dan bernapas dalam delapan hitungan.

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."