Masalah Kulit Ini Bakal Muncul jika Matras Yoga Jarang Dibersihkan

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Silvy Riana Putri

google-image
Ilustrasi wanita melakukan yoga di rumah. Freepik.com/Senivpetro

Ilustrasi wanita melakukan yoga di rumah. Freepik.com/Senivpetro

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta - Bagi kamu yang tidak rutin membersihkan matras yoga usai digunakan, mulailah ubah kebiasaan tersebut. Sebab matras yoga yang tidak rutin dibersihkan bisa memicu timbulnya masalah kulit seperti jerawat di tubuh. Sebab keringat, kotoran, dan bakteri bisa menumpuk di matras yoga.

Dengan berbagai pose yoga yang bertumpu pada matras, kotoran dan bakteri yang menempel di matras bisa masuk ke pori-pori, menyumbat, menyebabkan peradangan dan bisa memicu jerawat, jika jarang dibersihkan. 

"Siapa pun rentan terhadap jerawat di punggung, tetapi terutama bagi mereka yang berolahraga atau melakukan aktivitas yang menyebabkan keringat atau gesekan pada pakaian atau perlengkapan atletik," ujar Umbareen Mahmood, M.D., ahli bedah plastik bersertifikat seperti dilansir dari laman Mind Body Green. "Sangat penting untuk memperhatikan kebersihan yang cermat karena hal ini."

Ada banyak cara untuk mengatasi jerawat di tubuh, termasuk punggung, salah satu langkah pencegahan terbaik adalah dengan rutin membersihkan matras yoga usai digunakan. Kamu mungkin tidak melihatnya terlihat kotor, tetapi ada kemungkinan besar ada mikroba di permukaan yang akan mengiritasi kulit Anda seiring waktu.

Anda bisa mencoba membersihkan matras yoga dengan disinfektan alami yang mudah dibuat di rumah. Campurkan 1 cangkir alkohol isopropil (ideal 90 hingga 99%), ½ cangkir gel lidah buaya, dan 15 tetes minyak esensial pohon teh dalam mangkuk, dan aduk rata.

Kemudian pindahkan cairan ke botol semprot, lalu semprot secara merata ke matras yoga.
Lap matras yoga hingga kering dengan handuk katun yang dapat digunakan kembali dan diamkan sejenak hingga matras yoga benar-benar kering sebelum menggulungnya.

NIA PRATIWI

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."