Begini Cara Whulandary Herman Menyapih Si Sulung saat Hamil Lagi

(Paling kanan) Whulandary Herman bersama suami, Nik Ibrahim, dan putra mereka, Nik Zayn Nik Ibrahim, saat merayakan Idul Fitri 1441 H pada Ahad, 24 Mei 2020. Instagram.com/@whulandary

keluarga

Begini Cara Whulandary Herman Menyapih Si Sulung saat Hamil Lagi

Selasa, 10 November 2020 20:10 WIB
Reporter : Cantika.com Editor : Mila Novita

CANTIKA.COM, Jakarta - Whulandary Herman berhenti menyusui Nik Zayn saat anak pertamanya itu berusia 16 bulan. Putri Indonesia 2013 itu saat ini tengah hamil anak kedua yang diperkirakan lahir sekitar tiga bulan lagi. 

Perempuan berdarah Minang itu tak kesulitan menyapih Nik Zayn. Bahkan, buah cintanya dengan pengusaha Malaysia Nik Ibrahim itu kini sudah lupa menyusu. 

“Alhamdulillah Nik Zayn lupa saja, sampai detik ini pun nggak pernah minta lagi,” tulis Whulandary, Senin, 9 November 2020.

Tak ada drama yang biasa dialami para ibu saat mulai menyapih anak. Zayn tak uring-uringan. Whulandary juga tidak mengalami payudara bengkak karena air susu ibu atau ASI yang tidak keluar. 

Whulandary mengatakan, proses menyapih, yang dia sebut cerai susu, ini lancar berkat doanya selama hamil. 

Sejak dalam kandungan, dia sudah meminta anaknya agar tidak sulit disapih. “Waktu dalam kandungan sama pas tahu hamil, sering banget bilang ke Zayn, nanti kalau cerai susu mudahkan ya, nak. Sering sekali aku ngomong itu ke Zayn. Jadi pas hari pertama cerai susu nggak ada drama sama sekali,” kata dia.

Nik Zayn juga tidak mengalami sulit tidur meski sebelumnya terbiasa disusui. “Aku tepuk-tepuk aja lalu tidur, besoknya juga gitu, karena Zayn nggak minum susu dari botol,” ujar dia.

Whulandary menikmati masa-masa menyusui Nik Zayn. Saat peringatan World Breastfeeding Week awal Agustus 2020, dia menceritakan pengalamannya denganmengunggah video saat menyusui Nik Zayn di luar rumah menggunakan apron.

"Bagiku perjalanan menyusui Nik Zayn sangatlah menyenangkan, memang tidak mudah tapi aku selalu berucap dalam hati ketika rasa lelah itu muncul, feeling ini akan aku rindukan, jadi nikmati karena ini tidak akan datang 2 kali, alhamdulillah 13 months Nik Zayn full breastfeeding,” tulis dia di keterangan.

Dia juga menyediakan ASI perah untuk anaknya saat harus keluar rumah. Agustus 2019 lalu, misalnya, dia menjadi model peragaan busana di pekan mode untuk desainer Malaysia Farah Khan. Dia tetap memompa ASI di balik panggung runway.