Whulandary Herman Cerita Bawa Rantang untuk Mertua saat Lebaran

(Paling kanan) Whulandary Herman bersama suami, Nik Ibrahim kala merayakan Idul Fitri 1441 Hijriah pada Ahad, 24 Mei 2020 di Malaysia. Instagram.com/@whulandary

ragam

Whulandary Herman Cerita Bawa Rantang untuk Mertua saat Lebaran

Senin, 25 Mei 2020 12:20 WIB
Reporter : Cantika.com Editor : Silvy Riana Putri

CANTIKA.COM, JakartaWhulandary Herman mengunggah momen Hari Raya Idul Fitri 1441 Hijriah di Instagram-nya. Lebaran tahun ini, Whulandary merayakan di Malaysia akibat lockdown atau karantina wilayah di masa pandemi Covid-19. Di tahun sebelumnya, Puteri Indonesia 2013 ini mengaku mudik ke Padang.

Whulandary membagikan dua foto bersama suami dan anaknya. Di foto pertama, Whulandary bersama suami, Nik Ibrahim, dan putra mereka, Nik Zayn Nik Ibrahim, menebar senyum melihat kamera. Di foto kedua, model berusia 30 tahun itu berpose dengan suami tercinta yang membawa rantang warna putih tiga susun.

Rantang berisi masakannya sengaja dibawa Whulandary saat berlebaran ke rumah mertua. Suaminya sempat bertanya mengapa membawa makanan dari rumah, sebab di rumah ibunya juga disajikan hidangan Lebaran.

Whulandary menjelaskan bahwa membawa rantang itu bagian dari tradisi Minang yang dikenal dengan istilah 'manjalang mintuo' atau mengunjungi mertua.

(Paling kanan) Whulandary Herman bersama suami, Nik Ibrahim, dan putra mereka, Nik Zayn Nik Ibrahim, saat merayakan Idul Fitri 1441 H pada Ahad, 24 Mei 2020. Instagram.com/@whulandary

"Dan aku juga mesti menjelaskan ke mertua ku karena beliau tampak kaget dengan kedatangan si rantang ini. Nah ini adalah tradisi turun temurun orang minang istilahnya 'manjalang Mintuo'bukan hanya datang ke rumah dan saling maaf-bermaafan, tetapi disertai juga dengan membawa rantang yang berisi bermacam masakan buatan sendiri. Makanan tersebut akan dihidangkan dan dimakan bersama-sama," tulisnya di keterangan foto Instagram pada Ahad, 24 Mei 2020.

Whulandary mengisahkan ibu mertuanya menyukai hasil masakannya.

Menurut Whulandary, tradisi 'manjalang mintuo' itu dilakukan saat memasuki Ramadan dan Hari Raya Idul Fitri. Ia sudah diajarkan tradisi itu secara turun-temurun di keluarga.

"Terima kasih untuk ibu dan almarhum nenek ku yang biasa mendidik dan membesarkan aku dengan budaya minang yang sangat kental, dan mengingatkan ku terus tentang di mana bumi dipijak, di situ langit dijunjung," ungkapnya.

Whulandary menetap di Malaysia sejak menikah dengan Nik Ibrahim pada 10 Februari 2018. Ia kerap membagikan kegiatannya menjadi ibu rumah tangga lewat unggahan Instagram. Mulai dari memasak, mencuci, menyetrika pakaian hingga mengasuh putranya yang lahir pada 19 Juni 2019.