Hindari 6 Kebiasaan Makan Ini agar Berat Badan Cepat Turun

Ilustrasi menimbang berat badan. Shutterstock

kesehatan

Hindari 6 Kebiasaan Makan Ini agar Berat Badan Cepat Turun

Jumat, 4 September 2020 08:00 WIB
Reporter : Tempo.co Editor : Silvy Riana Putri

CANTIKA.COM, Jakarta - Selain menerapkan pola hidup sehat seperti rutin olahraga, tidur cukup hingga konsumsi makanan bergizi, kebiasaan makan buruk juga jadi faktor keberhasilan menurunkan berat badan. Tanpa disadari ada pemilihan piring, bentuk gelas hingga lokasi makan yang tidak tepat sehingga bisa menghambat berat badan turun. Mengapa? Simak alasan berikut.

6 Kebiasaan Makan yang Harus Dihindari agar Berat Badan Cepat Turun dilansir dari laman Pink Villa

1. Camilan

Kebanyakan makanan ringan atau camilan diletakkan di area yang mudah dijangkau. Jadi, letakkan semangkuk buah-buahan di atas meja Anda agar Anda tidak perlu makan junk food.

2. Makan sambil nonton televisi

Kesalahan besar lainnya yang cenderung kita buat adalah makan sambil menonton televisi. Ini mengalihkan perhatian kita dari makan dengan penuh perhatian dan akibatnya, kita cenderung makan berlebihan. Ini harus dihentikan. Matikan semua jenis perangkat elektronik sebelum makan.

3. Dapur berantakan

Kondisi dapur yang berantakan bisa menyebabkan kita makan berlebihan. Banyak penelitian juga menemukan hubungan antara dapur yang tidak rapi dan kebiasaan makan yang buruk.

4. Makan menggunakan piring besar

Saat kita mengambil makanan kita di piring besar, itu membuat item makanan terlihat lebih kecil dan karenanya kita sering makan lebih banyak. Jadi, sebaliknya, ambil piring yang lebih kecil yang akan membuat makanan terlihat lebih banyak jumlahnya.

5. Pemilihan bentuk gelas

Gelas kristal berkilau sering kali membuat Anda minum lebih banyak karena Anda mengonsumsi lebih banyak kalori yang kekurangan nutrisi. Jadi, lain kali, pilihlah gelas yang lebih ramping untuk diminum secukupnya.

6. Tak mencatat jumlah kalori harian

Orang tidak pernah mencatat konsumsi kalori mereka setiap hari. Makanya, mereka cenderung makan berlebihan. Melacak hal-hal ini setiap hari membantu mengontrol porsi makan kita. Bersamaan dengan ini, merencanakan makanan Anda selama seminggu juga sangat membantu untuk menurunkan berat badan.

NIA PRATIWI