Cara Mengurangi Jumlah Kalori dalam Segelas Dalgona Coffee

Dalgona Coffee. TEMPO/Eka Wahyu Pramita

kesehatan

Cara Mengurangi Jumlah Kalori dalam Segelas Dalgona Coffee

Jumat, 17 April 2020 14:45 WIB
Reporter : Tempo.co Editor : Silvy Riana Putri

CANTIKA.COM, Jakarta - Dalgona coffee atau kopi dalgona salah satu resep yang viral di media sosial di masa pandemi corona. Kreasi kopi asal Korea Selatan ini memiliki ciri khas kopi berbusa creamy dengan campuran susu segar. Bahannya terdiri dari kopi tanpa ampas instan, gula pasir, dan susu cair. Perpaduan antara susu dan gula pasir akan menimbulkan rasa manis, tapi bagaimana dengan kalorinya?

Menurut Fitness Trainer dan Fatloss Coach Sari Anisa, jika menilik resep dalgona coffee yang banyak beredar di media sosial, terdapat kurang lebih 306 kalori dalam segelas kopi. Bila dibayangkan setara dengan sepiring nasi ditambah dengan lauk ayam goreng.

Untuk menyiasati jumlah kalori itu, Anda bisa memakai susu skim atau susu rendah lemak.

"Dengan begitu Anda bisa menghemat kalorinya sampai 75 persen, sehingga lebih rendah dibanding kalau pakai susu full cream. Meski dari segi rasa jadi kurang enak," ucap Sari saat dihubungi Tempo.co, pekan lalu.

Sari juga menyarankan agar Anda mengecek lagi kebutuhan kalori harian sebanyak apa. Jika masih dalam batas aman, segelas dalgona coffee tidak akan bikin berat badan bertambah walau dikonsumsi setiap hari.

Sementara itu, Dokter Spesialis Gizi Klinik Raissa Djuanda mengatakan efek minum dalgona coffee memang tidak langsung. Tetapi efek jangka panjangnya bisa berisiko terkena diabetes. 

"Untuk menyiasati jika ingin mengonsumsi bisa dengan menyiapkan camilan seperti buah, sayuran atau dari karbohidrat yang kompleks seperti gandum atau granola," ucap Raissa dalam Kuliah Whatsapp, tips pola makan selama masa karantina, Kamis, 16 April 2020.

EKA WAHYU PRAMITA