Perhatikan Bahasa Tubuh Kate Middleton, Caranya Membangun Percaya Diri Anak

Kate Middleton bersama Pangeran William dan ketiga anaknya melakukan aksi Clap For Carers untuk tenaga medis yang berjuang melawan pandemi corona. Instagram.com/@kensingtonroyal

keluarga

Perhatikan Bahasa Tubuh Kate Middleton, Caranya Membangun Percaya Diri Anak

Senin, 31 Agustus 2020 17:32 WIB
Reporter : Mila Novita Editor : Rini Kustiani

CANTIKA.COM, Jakarta - Jika Anda memperhatikan bagaimana bahasa tubuh Kate Middleton saat berbicara dengan anak-anaknya, maka dari situlah dia membangun rasa percaya diri buah hatinya. Kate Middleton selalu berjongkok atau membungkukkan tubuhnya saat mendengarkan anaknya bicara.

Istri Pangeran William ini sengaja bersikap seperti itu agar percakapan yang terbentuk dengan anaknya adalah perbincangan yang setara. Anak tak perlu mendongak terlalu tinggi untuk 'menggapai' orang tuanya, dan orang tua tidak terlalu 'sombong' untuk sekadar membungkukkan tubuhnya agar sejajar dengan anak.

Seorang pakar bahasa tubuh, Judi James mengatakan bahasa tubuh Kate Middleton saat berbincang dengan Pangeran Georde, Putri Charlotte, dan Pangeran Louis adalah sikap yang baik bagi para orang tua saat berinteraksi dengan anak. "Perhatian dan teknik ikatan yang dibangun lewat bahasa tubuh menunjukkan penghargaan dan upaya menumbuhkan kepercayaan diri anak, sehingga mereka merasa lebih dewasa dan mandiri," kata James.

Kate Middleton dan Pangeran Louis saat mengunjungi Chelsea Flower Show di London, Inggris, Minggu 19 Mei 2019. Instagram/@kensingtonroyal

Para ahli juga memperhatikan bagaimana Kate Middleton dan Pangeran William bersikap santai di depan umum. Tidak menunjukkan bahasa tubuh yang angkuh lantaran berasal dari keluarga bangsawan, namun juga tetap menjaga norma-norma yang dianut oleh keluarga kerajaan.

Postur tubuh dan gerakan Kate Middleton dan Pangeran William tidak pernah berlebihan atau grasa-grusu saat di depan publik. Termasuk beberapa waktu lalu saat Putri Charlotte menjulurkan lidah di depan media. Ketika itu, Kate Middleton tetap tenang dan tidak menghardik atau menegur putrinya.

Kendati setiap anak memiliki pengasuh masing-masing, Kate Middleton dan Pangeran William tetap terlibat dalam mendidik putra-putri mereka. Kate Middleton dan Pangeran William tak jarang turut melerai jika ada anak mereka yang bersitegang, menegakkan disiplin di rumah, dan menjadi guru selama belajar dari rumah di masa pandemi Covid-19 ini.

EXPRESS.CO.UK | TIMES OF INDIA