Cara Menghilangkan Pusing dengan 5 Makanan Enak

ilustrasi sakit kepala (pixabay.com)

kesehatan

Cara Menghilangkan Pusing dengan 5 Makanan Enak

Minggu, 30 Agustus 2020 09:44 WIB
Reporter : Mila Novita Editor : Rini Kustiani

CANTIKA.COM, Jakarta - Kepala pusing amat menganggu aktivitas. Pusing bikin sulit konsentrasi dan pekerjaan kian menumpuk.

Minum obat pereda sakit kepala terkadang menjadi jalan pintas untuk meredakan pusing. Namun perlu diketahui, pusing bisa saja dipicu oleh hal-hal kecil yang tidak kita sadari. Misalkan, telat makan, stress bekerja, kepanasan, kurang minum, dan lainnya.

Setelah mengidentifikasi apa yang memicu pusing, maka minum obat pereda sakit kepala sebaiknya menjadi pilihan kedua. Mengutip laman Times of India, sebelum memutuskan minum obat sakit kepala, coba konsumsi lima makanan lezat berikut yang mampu meredakan pusing.

Ilustrasi wanita sakit kepala meningitis. shutterstock.com

  1. Roti gandum panggang

    Ilustrasi roti gandum panggang. Popsugar.com

    Kurangnya asupan karbohidrat bisa memicu sakit kepala. Kondisi ini umumnya terjadi kepada mereka yang sedang menjalani diet. Kurang karbohidrat memicu penipisan glikogen yang merupakan sumber energi otak. Jadi, untuk meredakan pusing saat diet, pastikan kecukupan asupan karbohidrat kompleks.

  2. Semangka

    Ilustrasi smoothie semangka (Pixabay.com)

    Dehidrasi menjadi salah satu penyebab utama sakit kepala. Jadi, minum air putih atau mengkonsumsi makanan kaya air bisa membantu meredakannya. Sebanyak 92 persen komposisi semangka adalah ai. Buah ini juga mengandung kalium dan magnesium yang efektif meredakan sakit kepala.

  3. Yogurt atau susu

    Ilustrasi yogurt. Wikipedia.org

    Kalsium juga dapat membantu meredakan pusing yang disertai tekanan atau rasa cenut-cenut yang hebat. Sumber kalsium yang dapat memantu meredakan sakit kepala seperti ini adalah yoghurt atau susu. Yogurt juga mengandung riboflavin, bagian dari vitamin B kompleks yang efektif meredakan sakit kepala sekaligus baik untuk pencernaan.

  4. Bayam dan kangkung

    Ilustrasi bayam merah (sehatq.com)

    Sayuran berdaun hijau seperti bayam dan kangkung mengandung magnesium, nutrisi yang berkhasiat meredakan sakit kepala. Penelitian menunjukkan asupan magnesium secara teratur dapat mengurangi migrain hingga 41,2 persen.

  5. Jahe

    Ilustrasi minuman dari jahe dan sereh. shutterstock.com

    Jahe terbilang asupan super yang mampu mengatasi berbagai gangguan kesehatan. Jahe mampu memblokir prostaglandin (neurotransmitter yang berperan dalam peradangan) dan pada akhirnya meredakan sakit kepala. Termasuk sakit kepala yang disertai mual dan pusing karena flu. Anda dapat mengkonsumsi berbagai olahan jahe, seperti dalam bentuk permen atau minuman.