4 Manfaat Pendinginan usai Olahraga, Cegah Pusing hingga Pingsan

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Silvy Riana Putri

google-image
Ilustrasi wanita berolahraga. shutterstock.com

Ilustrasi wanita berolahraga. shutterstock.com

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta - Sejumlah orang melewatkan pendinginan usai berolahraga. Alasannya mereka sudah lelah dan ingin segera beristirahat. Tapi faktanya, sama seperti pemanasan, pendinginan sangat penting bagi kebugaran tubuh. 

Pendinginan membantu mengurangi kelelahan otot. Seperti pemanasan, latihan pendinginan dilakukan dengan meregangkan otot, tapi dengan gerakan yang lebih lambat. Tak hanya itu, ada sejumlah manfaat lain untuk kesehatan tubuh. Latihan ini memiliki beberapa manfaat, berikut empat di antaranya.

1. Mengontrol pernapasan

Seiring dengan peningkatan detak jantung saat olahraga, pernapasan Anda juga menjadi lebih cepat. Kondisi ini menandakan bahwa tubuh sedang membakar kalori saat berolahraga. Pendinginan memungkinkan napas secara bertahap kembali ke ritme yang sama seperti sebelum Anda memulai olahraga.

2. Menormalkan detak jantung

Ketika berolahraga, terutama aktivitas kardiovaskular seperti berlari, bersepeda, hingga senam aerobik, detak jantung Anda akan meningkat. Pendinginan akan menormalkan kembali detak jantung Anda.

3. Menghindari pusing atau pingsan

Pendinginan membantu Anda terhindar dari rasa pusing bahkan pingsan akibat aliran darah di otot-otot besar tubuh ketika aktivitas berat dihentikan secara tiba-tiba.

4. Membantu persiapan otot

Setelah olahraga, Anda berisiko mengalami kram otot jika berhenti tiba-tiba. Itu sebabnya Anda perlu pendinginan. Proses pendinginan membantu persiapan otot-otot tubuh untuk sesi latihan berikutnya, baik pada keesokan harinya atau dalam beberapa waktu ke depan.


SEHATQ

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."