Detail Gaya Varsha Strauss Berkebaya, Ada Aksesori Ronce Melati

Varsha Strauss dan Panji Trihatmodjo saat menggelar upacara tedak siten, Instagram.com/@varshaadhikumoro

mode

Detail Gaya Varsha Strauss Berkebaya, Ada Aksesori Ronce Melati

Kamis, 9 Juli 2020 16:00 WIB
Reporter : Tempo.co Editor : Silvy Riana Putri

CANTIKA.COM, Jakarta - Varsha Strauss, istri Panji Trihatmodjo, kembali mencuri perhatian saat mengenakan kebaya. Kali ini ia tampil anggun berkebaya di acara tradisi adat Jawa, tedak siten yang artinya turun tanah untuk putri pertama mereka. Varsha membagikan momen bahagia tersebut melalui akun Instagram-nya pada 28 Juni dan 6 Juli 2020.

Pada foto pertama, Varsha terlihat duduk di lantai bersama Panji Trihatmodjo yang mengenakan beskap dan blangkon tengah mengawasi putrinya yang berada di dalam kurungan ayam yang berhiaskan bunga. Di dalam kurungan ayam tersebut sudah disediakan berbagai benda yang nantinya akan dipilih oleh anak mereka.

Kemudian pada unggahan berikutnya, Varsha memegang putrinya yang masih belajar berjalan. Warganet dibuat penasaran dengan potret sang puteri yang mengenakan tampilan serupa dengan ibunya.

Sementara penampilan Varsha Strauss terlihat anggun berkebaya warna putih. Kebaya  embroidery berwarna putih dan kain batik tulis motif Nusantara. Rambut warna pirangnya disanggul rapi ke belakang lengkap dengan hiasan ronce melati di samping. Ia lengkapi penampilannya dengan anting panjang. Untuk gaya riasannya, ia terlihat natural dan segar.

Bicara soal Varsha Strauss berkebaya tentu ini untuk kesekian kalinya. Masih segar dalam ingatan ragam kebaya yang dikenakan perempuan kelahiran Italia ini saat dipinang Pandji pada 3 Agustus 2018. Ada pula penampilan lainnya saat berkebaya di sejumlah momen istimewa. Terlihat pula ronce melati kerap menjadi aksesori di rambutnya.

Yuk, intip ragam kebaya yang dikenakan Varsha Strauss menilik unggahan Instagram-nya

1. Kebaya kutu baru

Putih menjadi warna kebaya yang kerap dikenakan Varsha dalam momen istimewanya. Termasuk saat ia bertunangan dengan Panji Trihatmodjo. Saat itu, Varsha mengenakan kebaya kutubaru brokat warna putih yang dipadukan inner kain jumputan warna fuschia. 

Penampilan Varsha semakin anggun khas perempuan Jawa dengan kain batik dan selendang kontemporer berwarna paduan hijau dan abu-abu yang dikenakan seperti selempang. Setangkai melati dan anting mutiara menambah sentuhan feminin di rambut pirangnya yang disanggul modern.

2. Kebaya putih brokat

Saat akad menikah, Varsha anggun mengenakan kebaya putih panjang dengan detail embroidery dan payet. Ia melengkapi penampilan kebayanya dengan dua bros warna silver. Mengingat menikah secara adat Jawa, sanggul Varsha pun lengkap dengan ronce melati, centhung, cundhuk mentul atau kembang goyang, dan paes.

3. Kebaya dipadukan kain sutera

Dalam tradisi Jawa, bagi perempuan yang tengah mengandung di usia tujuh bulan maka terdapat prosesi yang disebut upacara nuju bulanan. Tradisi itu pun dilestarikan oleh Varsha dan Panji pada Juli 2019 silam.

Varsha kembali berkebaya, kali ini ia memakai kebaya warna lilac berdetail bordir di sisi tengah dan bawah. Ia padukan kebaya itu dengan kain batik berbahan sutera warna coklat bercorak yang berkilau. Selendang yang disampirkan di lengan kanannya juga memiliki motif senada kain. Ia menggelung rambutnya dengan model sanggul cepol dan tak ketinggalan hiasan ronce melati.

EKA WAHYU PRAMITA