Pandemi, Perlukah Pakai Masker saat Kemudikan Mobil Pribadi?

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Silvy Riana Putri

google-image
Ilustrasi mengenakan masker di dalam mobil pribadi. Shutterstock

Ilustrasi mengenakan masker di dalam mobil pribadi. Shutterstock

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta - Di masa pandemi Covid-19, memakai masker saat aktivitas di luar rumah menjadi kewajiban untuk siapa pun. Lalu, apakah aturan ini masih berlaku saat mengemudikan mobil pribadi? Bisa iya, bisa juga tidak.

Mengutip laman WebMD, sebenarnya Anda tidak perlu memakai masker wajah saat mengemudi tanpa penumpang lain di dalam mobil pribadi karena tidak ada risiko penularan Covid-19.

Tapi hal itu tak berlaku jika ada orang lain di dalam mobil, terutama mereka yang tidak tinggal bersama Anda. Masker wajib dikenakan dan tetap menerapkan jaga jarak fisik atau physical distancing.

Dalam hal ini, selain mengenakan alat pelindung diri, ide yang bijaksana untuk mematikan AC (Air Conditioner) atau pendingin ruangan kendaraan Anda.

Kasus lainnya, ketika Anda sakit dan ada orang lain di mobil bersama Anda. Bahkan jika memang bukan Covid-19, pakailah masker sehingga orang lain tidak akan mengontak kuman apa pun dari Anda.

Baca juga: Dokter Bagi Kiat Memilih Bahan dan Ukuran Masker Kain untuk Anak

Jika Anda mudah cemas keluar rumah di tengah pandemi, maka Anda mungkin mengenakan masker setiap saat, bahkan ketika sedang mengemudi.

Akhirnya, jika Anda melakukan perjalanan jarak pendek, mengenakan masker tetap menjadi ideal sehingga Anda tidak harus melepasnya dan mengenakannya lagi dan lagi.

Bila Anda masih bingung harus mengenakan masker saat menyetir atau tidak, anggap saja mobil Anda perpanjangan dari rumah. Ketika di rumah, Anda tidak perlu memakai masker saat tidak sakit dan tidak ada orang lain di luar anggota keluarga Anda.

Saat tamu datang atau tukang reparasi datang berkunjung, pada saat itulah Anda mungkin akan mengenakan masker, demikian seperti dilansir Medical Daily.

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."