Kate Middleton Ungkap Cara Jaga Kesehatan Mental saat Pandemi

Kate Middleton mengajak warga Inggris mengabadikan momen keluarga selama masa lockdown karena pandemi Covid-19, Kamis, 11 Juni 2020. (tangkapan layar Youtube)

kesehatan

Kate Middleton Ungkap Cara Jaga Kesehatan Mental saat Pandemi

Sabtu, 20 Juni 2020 05:00 WIB
Reporter : Tempo.co Editor : Silvy Riana Putri

CANTIKA.COM, Jakarta - Sama halnya seperti kita, anggota Kerajaan Inggris seperti Kate Middleton dan Pangeran William juga berjuang menghadapi keresahan selama lockdown atau karantina wilayah akibat pandemi Covid-19.

"Kita semua mengalami pasang surut karena segala sesuatu berubah dalam hidup kita, seperti yang terjadi dalam banyak hal baru-baru ini," katanya di kelas online yang diikuti siswa Oak National Academy pada Kamis, 18 Juni 2020. 

Ibu tiga anak itu mengatakan perubahan perasaan hingga frustrasi itu terjadi karena kita tidak dapat bertemu teman dan keluarga seperti biasanya selama pandemi. Terkadang muncul perasaan baik-baik saja, tetapi kadang-kadang perasaan tidak nyaman, lalu merasa khawatir, marah, atau kesal. Itu adalah hal normal, tidak akan bertahan selamanya. 

Selain mencurahkan isi hatinya, Kate juga berbagi tips jaga kesehatan mental yang mudah ditiru oleh siapa pun. “Berbicara dengan seseorang, apakah itu teman, anggota keluarga atau guru, adalah sesuatu yang dapat kamu lakukan untuk membuat dirimu merasa sedikit lebih baik,” sarannya.

Baca juga: Kate Middleton Beri Kejutan pada Ibu Baru Melahirkan saat Pandemi

Anda bisa melakukannya lewat telepon atau panggilan video, jika terpisahkan oleh jarak. Jika tinggal berdekatan, bertemulah di luar ruangan, memakai masker, dan tetap jaga jarak fisik saat berbincang.

Selain itu, Duchess of Cambridge menyarankan anak-anak membantu orang lain untuk merasa lebih baik juga. Hal itu pun tergambar saat ia mendengar cerita para siswa, seperti berbagi, membantu orang tua, dan memperlakukan orang lain sebagaimana mereka ingin diperlakukan.

"Itu benar, bukan? Sering kali ketika kita melakukan hal-hal untuk orang lain, itu membuat kita merasa sangat baik tentang diri kita sendiri,” ujar perempuan 38 tahun itu. 

Kate Middleton dan Pangeran William menjadi pendukung vokal untuk peningkatan layanan kesehatan mental di seluruh Inggris selama masa jabatan kerajaan mereka. 

MILA NOVITA | PEOPLE | US WEEKLY