5 Cara Makan yang Keliru, Itu Penyebab Berat Badan Susah Turun

Ilustrasi wanita menikmati makanan di restoran. Unsplash/Pablo Merchan

kesehatan

5 Cara Makan yang Keliru, Itu Penyebab Berat Badan Susah Turun

Senin, 29 Juni 2020 15:00 WIB
Reporter : Yunia Pratiwi Editor : Rini Kustiani

CANTIKA.COM, Jakarta - Hidup untuk makan atau makan untuk hidup. Tentu Anda yang sedang diet atau berusaha menurunkan berat badan akan memilih yang kedua. Jika prinsipnya makan untuk hidup, maka makanlah secukupnya agar tubuh tetap sehat dan bisa menikmati hidup.

Bicara soal makan untuk hidup, apakah Anda pernah menyadari bahwa ada cara makan yang keliru dan itu membuat Anda melakukan sebaliknya, yakni hidup untuk makan. Cara makan yang dimaksud di sini bukan soal makan dengan tangan kanan atau menghitung kalori yang masuk ke tubuh.

Lima cara makan ini biasanya dilakukan tanpa sadar karena sudah menjadi kebiasaan. Mengutip laman Times of India, berikut 5 cara makan yang bikin berat badan tak kunjung turun:

  1. Makan dengan piring besar

    Yang terpikir ketika hendak makan adalah mengambil piring makan yang umumnya berukuran besar kemudian mengisinya dengan makanan sampai penuh. Akibatnya, otak akan memerintahkan tubuh untuk menghabiskan semua makanan yang ada di dalam piring itu.

    Sebaiknya langsung menyambar piring atau mangkuk kecil sebelum makan. Isi dengan makanan secukupnya kemudian mulailah makan dengan tenang dan mengunyah perlahan. Tanpa disadari, makan dengan memakai piring kecil dan sendok kecil akan mempengaruhi jumlah makanan yang dilahap.

  2. Mengambil makanan langsung dari alat masak

    Logikanya hampir sama seperti makan dengan piring besar versus piring kecil tadi. Jika Anda mengambil lauk dari alat masak, semisal penggorengan dan panci, maka jumlah makanan yang diambil relatif lebih banyak ketimbang makan dari piring saji atau mangkuk saji di meja makan.

  3. Percaya tangan, bukan mata

    Jangan berpedoman pada mata, melainkan gunakan tangan sebagai panduan dalam mengatur porsi makan. Jika Anda sedang lapar mata, maka makanan sebesar apapun akan terlihat kecil dan kurang mengenyangkan.

    Yang pertama harus dilakukan adalah mengisi piring makan yang kecil itu dengan makanan kaya protein dan sayuran. Ukurannya, protein satu telapak tangan, sayuran dan salad sebagian dari kepalan tangan, karbohidrat satu telungkup tangan, dan makanan tinggi lemak cukup satu porsi seukuran ibu jari.

  4. Mengumbar makan

    Baru saja makan siang, lalu ada teman membawa camilan lalu makan lagi. Tak berapa lama ada lagi kopi kekinian lengkap dengan cake-nya. Satu jam lagi masuk waktu makan malam. Ya, ini namanya mengumbar makan.

    Cobalah membuat buku harian, semacam diary apa saja yang Anda masukkan ke dalam perut. Catata setiap makanan, minuman, camilan, dan apapun yang Anda lahap. Sebelum tidur, baca daftar makanan yang sudah Anda lahap seharian ini. Tak perlu merasa bersalah. Yang penting besok jangan diulangi lagi dan teruslah memperbaiki asupan nutrisi untuk tubuh.

  5. Langsung makan lupa minum

    Cobalah minum air hangat 30 menit sebelum makan. Cara ini mampu mengurangi rasa lapar dan pada akhirnya membuat Anda makan lebih sedikit. Sebab, terkadang orang tak sadar kalau tubuhnya haus, bukan lapar.