Kata Seksolog Soal Pakai Kondom saat Bercinta Kurangi Kepuasan

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Silvy Riana Putri

google-image
Ilustrasi bercinta. shutterstock.com

Ilustrasi bercinta. shutterstock.com

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta - Beberapa pasangan suami istri mengaku enggan memakai kondom saat bercinta. Termasuk Anda? Pertimbangan mereka adalah berkurangnya kenikmatan bercinta. Benarkah demikian?

Seksolog klinis atau psikolog seksual Zoya Amirin pun angkat bicara. Berdasarkan penelitian yang pernah dikerjakannya kepada kurang lebih seratus pria, memang banyak yang mengatakan bahwa mereka takut menggunakan kondom karena nantinya akan ada gangguan atau halangan yang dirasakan saat penetrasi.

Namun yang perlu digarisbawahi, ketakutan tersebut justru muncul sebelum dicoba.

“Banyak sekali orang bilang enggak suka pakai kondom karena kurang enak. Tapi mereka sebenarnya belum coba. Mereka hanya dengar dari kata orang dan jadinya tidak merasakan sendiri,” katanya dalam live Instagram bersama @halodkt pada Sabtu, 20 Juni 2020.

Menurut Zoya, pendapat tersebut harusnya dipatahkan. Terlebih di zaman yang semakin modern dengan kemajuan teknologi, kondom pun telah diciptakan sesuai dengan kebutuhan. Contohnya saja sudah ada berbagai varian rasa kondom bak makanan. Bentuk dari kondom sendiri berbeda-beda.

“Sekarang banyak sekali kondom yang bergerigi dan agak grenjel seperti bulat-bulat. Berdasarkan penelitian saya juga kepada para wanita, kondom yang demikian justru bisa menambahkan kenikmatan di vagina karena ada variasi tersendiri,” jelasnya.

Lebih dari itu, kondom sendiri memiliki dua fungsi utama lainnya yang sudah tidak diragukan lagi, yakni mencegah kehamilan dan penularan penyakit menular seksual. Tentunya dengan menggunakan kondom, pasangan pun akan menjadi lebih nyaman dan fleksibel dalam mengeksplorasi diri lantaran adanya rasa aman.

Ketika pasangan yang menggunakan kondom merasa terlindungi dari segala risiko yang tidak diinginkan, mereka pasti menjadi lebih leluasa untuk berhubungan seksual.

"Akhirnya apa? Kepuasan juga. Jadi sekarang jangan pernah mengecap kondom dengan konotasi yang tidak baik apalagi belum pernah mencoba. Baiknya rasakan dulu baru buktikan sendiri,” tandasnya.

SARAH ERVINA DARA SIYAHAILATUA | INSTAGRAM

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."