4 Tips Memilih Karpet, Cermat Sebelum Membeli

ilustrasi karpet (pixabay.com)

ragam

4 Tips Memilih Karpet, Cermat Sebelum Membeli

Minggu, 14 Juni 2020 18:57 WIB
Reporter : Yunia Pratiwi Editor : Rini Kustiani

CANTIKA.COM, Jakarta - Karpet menjadi salah satu benda di rumah yang menambah estetika sekaligus fungsional. Karpet bisa menambah suasana nyaman di dalam ruangan dan kaki seolah dimanjakan dengan kehadirannya.

Hanya dengan menata karpet saja, kamu akan merasakan perubahan atmosfer pada seluruh ruang kamar. Namun sebelum memutuskan membeli karpet, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan.

Berikut tips memilih karpet sesuai selera dan kebutuhan:

  1. Tentukan rentang harga

    Sebelum terlena dengan banyak jenis dan bahan karpet yang indah, hitung dulu berapa anggaran yang kamu sediakan untuk membeli karpet. Ini adalah langkah mendasar sebelum belanja bukan?

    Tentukan rentang harga yang sesuai dengan kantong dan kebutuhanmu. Harga karpet biasanya ditentukan dari ukuran. Jadi, pastikan kamu tahu seberapa besar karpet yang diperlukan. Jika ruangan terbilang kecil, kamu bisa memilih karpet yang lebih mewah.

    Dengan menentukan anggaran belanja karpet sejak awal, kamu akan menghemat waktu dan lebih mudah mengidentifikasi berbagai pilihan karpet yang ditawarkan.

  2. Tentukan material

    Ada banyak pilihan material karpet yang bisa dipilih. Mulai karpet dari bahan serat alami hingga sintetis. Untuk kamar tidur, karpet bulu adalah yang terbaik karena lembut dan terkesan mewah. Karpet yang dibuat dengan serat alami biasanya lebih mahal.

    Jika anggaranmu tak cukup banyak, beralihlah ke karpet dari bahan sintetis. Bahan nilon biasanya masuk kategori karpet sintetis yang paling mahal karena memiliki nuansa lembut. Sementara karpet poliester cenderung lebih murah daripada nilon dan tidak memicu alergi.

  3. Perhatikan teksturnya

    Tekstur karpet juga penting karena mempengaruhi kenyamanan saat menggunakan. Yang penting, pilih karpet bertekstur lembut dan nyaman ketika diinjak. Dari segi estetika, pemilihan tekstur karpet yang tepat akan membuat ruangan terlihat lebih menarik.

    Untuk nuansa mewah, pilih karpet berbahan saxony atau beludru yang memiliki tekstur halus. Bedanya, karpet saxony memiliki serat panjang dan longgar, sedangkan serat karpet beludru sangat pendek dan padat.

  4. Pilihlah warna

    Jika bingung, pilih saja warna karpet yang netral, seperti coklat muda, coklat tua, atau abu-abu. Karpet berwarna netral mudah dipadupadankan dengan hampir semua warna dinding dan dekorasi dalam ruangan. Bagi kamu yang tidak punya banyak waktu untuk membersihkan rumah, hindari karpet berwarna terang seperti putih atau krem.

ARSITAG