Manfaat Puasa Syawal, Tingkatkan Imunitas dan Kontrol Gula Darah

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Silvy Riana Putri

google-image
Ilustrasi buka puasa. Shutterstock

Ilustrasi buka puasa. Shutterstock

IKLAN

5. Meningkatkan kesehatan jantung

Manfaat puasa Syawal selanjutnya adalah meningkatkan kesehatan jantung. Ya, para peneliti mengungkapkan bahwa berpuasa dapat menurunkan tekanan darah, kolesterol, dan kadar trigliserida.

6. Mengurangi risiko penyakit diabetes tipe 2

Menjalani puasa Syawal juga dipercaya dapat menurunkan risiko seseorang terkena diabetes melitus tipe 2. Pasalnya, berpuasa dapat mengendalikan insulin dan membantu penurunan berat badan, di mana kedua faktor ini yang berhubungan erat dengan penyakit diabetes.

7. Menyehatkan otak

Sebuah hasil studi yang dilakukan pada hewan uji mengungkapkan bahwa berpuasa dapat meningkatkan kemampuan belajar serta daya ingat. Selain itu, manfaat puasa juga dapat mengurangi risiko munculnya penyakit Alzheimer, Parkinson, dan stroke.

8. Mencegah kanker

Rutin berpuasa, termasuk menjalani puasa Syawal, diyakini dapat mengendalikan kadar insulin dan meredakan peradangan atau inflamasi dalam tubuh. Keduanya merupakan faktor biologis yang telah lama dikaitkan dengan terbentuknya sel kanker.

Halaman

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."