Miss V Bengkak Bisa Dipicu Celana Dalam Ketat dan Alergi Sabun

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Silvy Riana Putri

google-image
Ilustrasi Miss V

Ilustrasi Miss V

IKLAN

7. Servisitis

Servisitis adalah kondisi saat leher rahim mengalami peradangan. Umumnya servisitis timbul sebagai akibat dari penyakit infeksi menular seksual. Kendati demikian, tidak semua orang yang mengalami servisitis memiliki riwayat penyakit infeksi menular seksual.

Beberapa jenis penyakit menular seksual yang biasanya menyebabkan servisitis adalah klamidia, gonore, dan trikomoniasis.

Selain menimbulkan pembengkakan pada vagina, kondisi ini juga biasanya menyebabkan nyeri panggul, keputihan yang tidak normal, perdarahan saat menstruasi, dan rasa nyeri saat berhubungan seksual. Oleh karena itu, bagi Anda yang merasakan berbagai gejala tersebut, sebaiknya segera konsultasikan dengan dokter.

8. Kista

Kista bartholin dan saluran Gartner adalah penyebab vagina bengkak lainnya. Kista ini adalah jenis kista yang muncul pada kelenjar bartholin dan terletak di kedua sisi bawah lubang vagina. Terkadang, kelenjar ini dapat mengalami infeksi yang berisi nanah dan membentuk abses.

Selain vagina yang membengkak, kista bartholin dapat menimbulkan gejala lainnya, seperti terasa nyeri, sensasi rasa terbakar, hingga perdarahan. Kista juga dapat tumbuh di saluran Gartner, yakni saluran yang terbentuk pada janin ketika organ saluran kemih dan seksualnya berkembang.

Jaringan sisa yang menempel dan tidak hilang setelah melahirkan di dinding vagina inilah yang dapat berkembang menjadi kista.

Meski tidak berbahaya, kedua kista tersebut bisa saja menimbulkan masalah ketika tumbuh dan mengalami infeksi. Untuk mengatasinya, Anda dapat berkonsultasi dengan dokter guna melakukan pemeriksaan lebih lanjut.

Jika kista bartholin berukuran kecil, biasanya dapat hilang dengan sendirinya. Mandi dengan air hangat dan minum obat pereda nyeri dapat membantu meredakan rasa nyeri dan pembengkakan. 

Namun, pada kasus yang parah, kista bartholin dapat ditangani dengan cara melakukan tindakan pembedahan kecil untuk mengeluarkan nanah. Setelah prosedur, luka akan dibersihkan dan ditutup. Hal yang sama juga dilakukan pada jenis kista Gartner.

9. Herpes genital

Vagina bengkak juga dapat disebabkan oleh kondisi herpes genital atau dikenal pula dengan herpes simplex. Herpes genital dapat menimbulkan gejala, seperti luka lepuh kecil di area vagina. Luka lepuh kecil dapat pecah dan menimbulkan rasa sakit yang teramat sangat.

Selain pembengkakan pada vagina, herpes genital bisa menyebabkan rasa nyeri dan beberapa area tubuh terasa sakit karenanya. Sampai saat ini belum ada pilihan pengobatan yang tepat untuk mengobati herpes genital, tetapi obat resep dokter dapat membantu meredakan gejala penyakit.

SEHATQ

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."