Menu Sahur Ayana Moon agar Kuat Puasa Ramadan selama 16 Jam

Influencer Ayana Jihye Moon. Instagram.com/@xlovelyayana

kuliner

Menu Sahur Ayana Moon agar Kuat Puasa Ramadan selama 16 Jam

Sabtu, 16 Mei 2020 04:00 WIB
Reporter : Tempo.co Editor : Silvy Riana Putri

CANTIKA.COM, Jakarta - Ramadan 2020 merupakan Ramadan ke-9 yang dijalani Ayana Moon. Influencer asal Korea Selatan ini menjadi mualaf pada 2012. Ramadan kali ini terasa berbeda bagi perempuan berusia 24 tahun ini karena menjalani ibadah di tengah pandemi.

Kendati demikian, ia juga bersuka cita karena puasa 2020 ditemani sang adik, Aydin Moon yang menjadi mualaf pada 13 Mei 2019. 

Menurut Ayana, menjalani ibadah puasa dengan Aydin sangat berkesan karena bisa saling bantu, belajar dan mengaji bersama. Selain itu juga belajar saling toleransi dan menghargai, karena hanya Ayana dan adiknya yang berpuasa di rumah, sementara sang ibu kalau makan tidak di depan mereka.

Selebgram asal Korea Selatan, Ayana Moon berswafoto bersama adiknya Aydin Moon usai melaksanakan slat bersama di Seoul, Korea Selatan. Instagram/@xelovelyayana

"Kalau puasa di Indonesia ramai banyak yang puasa karena mayoritas, ada tradisi bukber ada banyak aktivitas. sementara kalau di Korea kan lingkungan saya cuma berdua sama adik yang puasa," ucap Ayana dalam Konferensi Pers online yang digelar Pocari Sweat bertajuk "Ramadan Menjaga" pada Jumat 15 Mei 2020.

Selain banyak teman jika puasa di Indonesia, Ayana juga merindukan makanan khas Indonesia yang menjadi kesukaan dia yakni cumi cabai hitam dan ayam penyet.

"Aku suka sekali masakan itu rasanya enak," ungkap Ayana.

Meski mengaku lebih sulit karena suasananya berbeda, Ayana tetap bersyukur masa social distancing di Korea sudah mulai pulih. "Jadi bisa ke mana-mana ketemu teman, makan bersama adik saya, sudah bisa jalan-jalan dan makan di luar," tukas Ayana.

Selebgram asal Korea Selatan, Ayana Moon bersama adiknya Aydin Moon mempersiapkan makan saat bulan Ramadan di Seoul, Korea Selatan. Ayana Moon sudah delapan tahun memutuskan mualaf sejak 2012 lalu. Instagram/@xelovelyayana

Selama puasa Ramadan, Ayana Moon menjaga pola makan dengan makanan sehat. Misalnya untuk makanan sahur dan buka puasa, ia lebih memilih konsumsi makanan sehat daripada junk food. Begitu juga dengan minuman, dia menghindari soda lalu menggantinya dengan jus dan minuman yang menyehatkan seperti isotonik.

"Karena di sini puasa selama 16-17 jam jadi harus menjaga kesehatan lebih aware, karena kita kan tidak makan dan minum, jadi saat sahur dan berbuka harus jaga asupan cairan," pungkasnya.

EKA WAHYU PRAMITA