Kulit Semangka Baik untuk Pencernaan dan Tambah Stamina

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Silvy Riana Putri

google-image
Ilustrasi buah semangka. shutterstock.com

Ilustrasi buah semangka. shutterstock.com

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta - Semangka salah satu buah favorit selama bulan puasa. Sebab buah ini kaya air yang bisa mencukup kebutuhan air dalam waktu cepat. Saat makan semangka, apakah kamu membuang kulit dan hanya memakan dagingnya?

Jika iya, sebaiknya perhatikan sejenak ulasan berikut. Ternyata kulit semangka itu menyimpan sejumlah kebaikan untuk tubuh.

Kulit semangka dan bagian yang berwarna putih memang tidak mengandung air sebanyak daging buahnya, tapi bagian yang satu itu tetap bisa dimakan dan menimbulkan efek segar. Setiap 2,5 cm kotak kulit semangka mengandung 1,8 kalori yang sebagian besar merupakan karbohidrat.

Dalam jumlah yang lebih kecil, kulit semangka juga mengandung vitamin C (hingga 2 persen dari total kebutuhan harian) dan vitamin B-6 (1 persen). Kandungan ini membuat kulit semangka disebut-sebut baik untuk menyehatkan kulit dan sistem saraf manusia.

Berikut beberapa manfaat kulit semangka untuk kesehatan tubuh

1. Menambah libido

Penelitian awal menunjukkan bahwa manfaat kulit semangka ialah mengatasi masalah disfungsi ereksi tingkat ringan hingga sedang pada pria. Kulit semangka mengandung asam amino citrulline yang terbukti dapat meningkatkan libido.

Ya, cara kerjanya kurang lebih mirip dengan obat kejantanan. Meski klaim ini masih perlu dibuktikan secara medis, tidak ada salahnya Anda mencoba mengonsumsi kulit semangka karena ia adalah ‘obat kuat’ alami yang relatif tanpa efek samping.

2. Meningkatkan stamina

Citrulline yang terkonsentrasi di kulit semangka berkhasiat meningkatkan stamina sehingga Anda dapat bekerja atau berolahraga lebih lama. Sayangnya, bukti atas klaim ini masih bersifat anekdotal yang berhubungan dengan cara kerja citrulline itu sendiri.

Citrulline mampu memicu pembesaran pembuluh darah sehingga peredaran oksigen ke seluruh tubuh lebih lancar. Teorinya, hal ini akan membuat Anda tidak mudah lelah sehingga dapat beraktivitas lebih lama dan kuat.

3. Menurunkan tekanan darah

Salah satu manfaat kulit semangka yang mirip dengan memakan daging buahnya adalah dapat mengurangi tekanan darah. Lagi-lagi, hal ini datang dari kandungan citrulline di dalamnya yang dipercaya dapat menurunakn tekanan darah pada penderita hipertensi.

Memakan buah semangka termasuk bagian kulitnya, juga bersifat diuretik sehingga cocok dikonsumsi untuk menurunkan tekanan darah. Cara mengonsumsinya pun mudah, Anda cukup memakan buah semangka beserta sebagian kulitnya yang sudah dicuci bersih.

4. Menyehatkan saluran cerna

Manfaat kulit semangka yang tak kalah baiknya adalah menyehatkan saluran cerna karena ia mengandung serat yang baik bagi tubuh. Dengan saluran cerna yang baik, Anda akan terhindar dari berbagai penyakit yang berhubungan dengan proses ini, misalnya konstipasi, diare, hingga kanker usus.

Selain itu, konsumsi makanan cukup serat akan menurunkan kadar kolesterol dan gula darah. Serat juga membuat Anda kenyang lebih lama sehingga kulit semangka cocok dikonsumsi oleh Anda yang tengah menjalani program diet penurunan berat badan.

SEHATQ

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."