Perkuat Imunitas di Tengah Pandemi Corona dengan 5 Makanan Ini

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Silvy Riana Putri

google-image
Brokoli. TEMPO/ Budi Yanto

Brokoli. TEMPO/ Budi Yanto

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta - Pentingnya menjaga daya tahan tubuh atau imunitas di tengah pandemi corona ini. Imunitas dibentuk oleh tubuh sebagai perisai terhadap virus atau bakteri jahat yang masuk dalam tubuh. Jika sistem imun lemah, tubuh akan rentan terkena penyakit.

Salah satu cara menjaga imunitas adalah mengonsumsi asupan bergizi seperti sayuran, buah, ataupun rempah. Berikut rekomendasi makanan untuk jaga imunitas dari spesialis nutrisi Katherine Marengo seperti yang dilansir dari laman Healthline pada Senin, 13 April 2020

1. Brokoli

Brokoli mengandung vitamin dan mineral dengan turunan vitamin A, C, dan E, kandungan antioksidan, dan serat lainnya. Brokoli menjadi salah satu sayuran tersehat yang bisa Anda taruh di meja Anda. Kunci untuk mempertahankan kandungannya adalah memasaknya jangan terlalu lama atau cukup diblansir dengan air panas.

2. Paprika merah

Jika Anda berpikir buah jeruk memiliki vitamin C paling banyak dari buah atau sayuran, jangan lupakan paprika merah dengan kandungan vitamin C dua kali lebih banyak dari jeruk. 

Paprika merah juga sumber beta karoten yang dapat meningkatkan sistem kekebalan Anda. Vitamin C dapat membantu menjaga kesehatan kulit, sementara beta karoten menjaga kesehatan mata dan kulit Anda.

Bawang putih tunggal. Unsplash.com/Frank Zhang

3. Bawang putih

Bawang putih ditemukan pada hampir setiap masakan di dunia untuk menambah semangat untuk menikmati makanan. Bawang putih juga dapat membantu menurunkan tekanan darah dan memperlambat pengerasan pembuluh darah. Sifat meningkatkan kekebalan bawang putih tampaknya berasal dari konsentrasi tinggi senyawa yang mengandung belerang, seperti allicin.

4. Buah jeruk

Kebanyakan orang beralih ke vitamin C setelah masuk angin, karena membantu membangun sistem kekebalan tubuh Anda. Vitamin C bisa meningkatkan produksi sel darah putih yang menjadi kunci memerangi infeksi.

Karena tubuh Anda tidak memproduksi atau menyimpannya, Anda memerlukan vitamin C harian untuk kesehatan yang berkelanjutan. Hampir semua buah jeruk kaya akan vitamin C. Buah jeruk yang populer meliputi; jeruk bali, keprok, lemon, nipis, dan clementine.

5. Jahe

Jahe adalah bahan rempah yang sering digunakan saat pemulihan dari sakit. Jahe dapat membantu mengurangi peradangan, yang dapat membantu mengurangi sakit tenggorokan dan penyakit radang lainnya. Jahe juga dapat membantu mengurangi mual, mengurangi rasa sakit kronis dan memiliki sifat sebagai penurun kolesterol.

EKA WAHYU PRAMITA

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."