Mudah Lindungi Diri dari Virus Corona, Ikuti 7 Cara WHO dan CDC

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Silvy Riana Putri

google-image
Ilustrasi cuci tangan. pixabay.com

Ilustrasi cuci tangan. pixabay.com

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta - Hingga saat ini para peneliti di penjuru dunia berjibaku menemukan vaksin atau obat untuk atasi virus corona baru atau COVID-19. Meski begitu, penyebaran virus lewat droplets atau percikan air liur atau batuk orang yang terinfeksi COVID-19 bisa dicegah dengan cara sederhana.

Menurut Organisasi Kesehatan Dunia dan Pusat Pengendalian (WHO) dan Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit (CDC) di Amerika Serikat ada tujuh langkah perlindungan dasar dari paparan COVID-19.

1. Tetap di rumah

Meski tak merasakan gejala apa pun, namun Anda bisa saja menjadi carrier dan menularkan COVID-19 ke orang lain. Ketika virus tersebut menginfeksi orang yang sistem kekebalan tubuhnya lemah, maka bisa terinfeksi virus tersebut.

Oleh sebab itu, imbauan untuk tetap #dirumahaja pun sedang digalakkan sebagai upaya mencegah penyebaran virus corona baru tersebut. Bahkan Presiden pun meminta masyarakat untuk belajar di rumah, bekerja di rumah, dan beribadah di rumah.

2. Physical distancing

WHO telah resmi mengubah frasa social distancing menjadi physical distancing. Frasa physical distancing dirasa lebih pas karena menekankan pentingnya menjaga jarak fisik. Oleh sebab itu, disarankan untuk menjaga jarak setidaknya 1 meter dari orang lain. 

Sebab jarak yang terlalu dekat memungkinkan Anda menghirup tetesan air dari hidung atau mulut orang yang mungkin terinfeksi COVID-19 ketika ia bersin atau batuk. Imbauan tersebut juga telah disampaikan oleh pemerintah Indonesia. 

3. Rutin mencuci tangan

Rutinlah mencuci tangan dengan sabun dan air mengalir selama minimal 20 detik. Pastikan Anda membersihkan seluruh tangan, termasuk jari, sela-sela jari, dan juga ujung kuku. 

Bila tak ada sabun dan air, maka Anda bisa menggunakan hand sanitizer atau cairan pembersih tangan yang mengandung sekitar 60% alkohol. Mencuci tangan dengan sabun dan air atau pembersih tangan berbasis alkohol dapat membantu membunuh virus yang berada di tangan Anda.

4. Hindari memegang mata, hidung, dan mulut

untuk melindungi diri dari virus corona baru, hindari memegang mata, hidung, dan mulut. Sebab tangan umumnya menyentuh banyak permukaan yang mungkin terdapat virus. Setelah virus tersebut menempel pada tangan, maka tangan bisa memindahkan virus ke mata, hidung atau mulut ketika Anda menyentuhnya. Dari sanalah, virus masuk ke dalam tubuh dan menyebabkan Anda sakit.

5. Ketika bersin dan batuk, jangan lupa tutup

Ketika bersin dan batuk, tutuplah menggunakan siku bagian dalam karena area tersebut jarang tersentuh sehingga mengurangi risiko penularan virus. Selain menggunakan siku bagian dalam, Anda juga bisa menggunakan tisu untuk menutup hidung. Jangan lupa segera buang tisu bekasnya ke tempat sampah.

6. Bersihkan permukaan yang sering disentuh

Bersihkanlah permukaan yang paling sering disentuh, seperti halnya meja, gagang pintu, keyboard, toilet, ponsel, keran air, dan lainnya menggunakan disinfektan.

Bila permukaannya kotor, maka sebelum melakukan disinfeksi, bersihkan terlebih dahulu dengan detergen atau sabun dan air. Disinfektan dipercaya dapat membunuh virus yang menempel pada permukaan. Usai disinfeksi, cuci tangan dengan sabun dan air mengalir.

7. Cari tahu informasi akurat mengenai COVID-19 

Penting untuk mencari informasi yang akurat mengenai perkembangan COVID-19. Ikuti saran yang diberikan oleh penyedia layanan kesehatan tentang cara melindungi diri sendiri dan orang lain dari penyakit tersebut.

Hal ini membantu Anda lebih waspada dan memahami apa yang seharusnya dilakukan di tengah pandemi ini. Carilah berita-berita yang tidak memberikan stigma negatif. Hal ini juga dapat membantu memutus mata rantai penyebaran virus. 

SEHATQ

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."