Macam-macam Metode Penyemprotan Disinfektan untuk Cegah Corona

Pegawai berjalan keluar bilik disinfektan "Disinfection Chamber" di Balai Kota, Jakarta, Kamis, 26 Maret 2020. Bilik tersebut disediakan di pintu masuk Balai Kota untuk mencegah penyebaran Virus COVID-19. ANTARA

kesehatan

Macam-macam Metode Penyemprotan Disinfektan untuk Cegah Corona

Kamis, 2 April 2020 09:30 WIB
Reporter : Cantika.com Editor : Rini Kustiani

CANTIKA.COM, Jakarta - Virus corona dapat bertahan beberapa waktu di udara dan permukaan benda. Kesimpulan itu diperoleh dari penelitian tim ilmuwan University of California, Los Angeles, Amerika Serikat.

Menurut studi yang dipublikasikan di jurnal ilmiah New England Journal of Medicine itu, virus corona dapat bertahan tiga jam di dalam aerosol atau partikel padat di udara, lebih dari 24 jam pada permukaan kardus, dan lebih dari tiga hari di permukaan plastik atau logam antikarat.

Itu sebabnya sering mencuci tangan dengan sabun dan menyemprotkan disinfektan adalah salah satu cara mencegah penularan COVID-19.

Berikut beberapa metode penyemproten disinfektan yang diterapkan untuk mencegah penyebaran virus corona.

  • Pistol Penyemprot

    Penyemprot dengan prinsip listrik statis (electrostatic) EPIX360 dari Emist ini bertenaga baterai dan tak berkabel. Bentuknya seperti alat pengering rambut dengan bobot 1,36 kilogram, termasuk tangki disinfektan 240 mililiter.

    Alat disinfektan pistol penyemprot dengan listrik statis.

    Diameter cairannya 60-145 mikron sehingga hemat 70 persen ketimbang alat konvensional. Luas ruangan yang bisa didisinfeksi mencapai 372 meter persegi per jam.

    Harga: Rp 24,35 juta

  • Bilik Disinfeksi

    Bilik disinfeksi alias mobile sterilizer chamber buatan PT Pindad Enjiniring Indonesia -anak usaha PT Pindad, di Bandung, Jawa Barat, ini merupakan produk lokal. Bilik berdinding akrilik transparan ini dilengkapi drum berkapasitas 120 liter dan pompa. Saat ini, dengan kapasitas produksi 25 unit per hari, perusahaan tengah dibanjiri pesanan.

    Bilik disinfeksi alias mobile sterilizer chamber buatan PT Pindad Enjiniring Indonesia.

    Harga: Rp 15 juta

  • Kipas Angin Embun

    Kipas angin embun Tornado Embun Mist Water Fan Regency.Kipas angin embun Tornado Embun Mist Water Fan (MIST26) merek Regency ini dapat menyemprotkan cairan disinfektan selama delapan jam nonstop. Kapasitas tangkinya 36 liter dengan konsumsi listrik 260 watt. Kipas yang dapat berputar 90 derajat ini bisa mendisinfeksi ruangan seluas 250 meter persegi.

    Harga: Rp 3,6 juta

  • Penyemprot Nirkabel

    Penyemprot disinfektan portabel EM360 dari Emist.

    Penyemprot disinfektan portabel EM360 dari Emist ini memiliki tangki 3,8 liter yang dipanggul di punggung. Bertenaga baterai ion litium yang dapat dipakai dua jam nonstop. Alat ini memakai teknologi listrik statis dan jarum-jarum yang bisa menyemprotkan cairan berukuran 60-145 mikron. Dapat mendisinfeksi ruangan seluas 5.000 meter persegi dalam satu jam.

    Harga: Rp 68,13 juta