Mitos Kumur Air Garam Bisa Tangkal Virus Corona, Ini Kata WHO

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Silvy Riana Putri

google-image
Ilustrasi wanita menggunakan obat kumur. shutterstock.com

Ilustrasi wanita menggunakan obat kumur. shutterstock.com

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta - Beragam cara diklaim bisa menangkal paparan virus corona baru atau COVID-19. Salah satunya kumur air garam. Sebab banyak orang yang percaya virus corona "bertahan" di tenggorokan, sebelum akhirnya masuk ke tubuh dan menyerang paru-paru. 

Tidak hanya air garam, informasi yang beredar di media sosial dan grup chat ini juga menyebutkan bahwa cuka bisa digunakan untuk berkumur, sehingga virus corona yang ada di tenggorokan bisa terangkat kembali, dan tidak masuk ke dalam tubuh.

Perlu diingat lagi, virus corona masuk ke tubuh lewat cairan bersin atau batuk atau droplets dari orang yang terinfeksi virus corona terhirup lewat hidung. Cara lain paparannya adalah ketika tangan yang sudah terkontaminasi virus, menyentuh hidung, sehingga virus corona terhirup.

Oleh sebab itu, para dokter tidak percaya kalau air garam bisa mengangkat virus corona yang ada di tenggorokan. Sebab, virus yang telah merenggut belasan ribu nyawa ini dipercaya tidak “berkunjung” ke tenggorokan.

Selain itu, lembaga kesehatan publik nasional Amerika Serikat, Centers for Disease Control and Prevention (CDC) atau Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit di Amerika Serikat juga menegaskan, berkumur dengan air garam memang menjadi cara yang ampuh untuk meredakan sakit tenggorokan.

Namun, belum ada bukti bahwa berkumur dengan air garam bisa mencegah masuknya virus corona ke dalam tubuh.

Terlebih lagi, menurut seorang dokter dari Universitas Pennsylvania, Amerika Serikat, berkumur dengan air garam hanya bisa meredakan peradangan tenggorokan, tapi tidak mencegah masuknya virus corona ke dalam tubuh hingga paru-paru.

Badan kesehatan dunia atau World Health Organization (WHO) dengan tegas mengatakan bahwa hal ini hanyalah mitos belaka.

Tidak ada bukti kuat bahwa kalau membilas hidung dengan air garam dapat mengeluarkan kembali atau mencegah masuknya virus corona dari hidung. Selain itu, membilas hidung dengan air garam juga dianggap tidak ampuh dalam mencegah infeksi saluran pernapasan.

Sejauh ini, para peneliti dan dokter di seluruh dunia sedang berusaha keras dalam mencari obat yang bisa menyembuhkan virus corona. Selagi menunggu hasil perjuangan mereka, ada berbagai cara mencegah virus corona yang terbukti ampuh dan bisa Anda coba.

Mulai dari jaga kebersihan tangan dengan mencuci tangan dengan air mengalir dan sabuh, hand sanitizer jika tidak ada air dan sabun, asupan bergizi, tidur yang cukup, dan terapkan jaga jarak interaksi sosial minimal dua meter.

 

SEHATQ

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."