Telur Rebus yang Kaya Gizi Cocok untuk Menu Sarapan

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Silvy Riana Putri

google-image
Ilustrasi telur rebus (Pixabay.com)

Ilustrasi telur rebus (Pixabay.com)

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta - Telur rebus kerap dilabelkan makanan dengan kandungan lemak dan kalori tinggi. Tapi ternyata itu hanya mitos. Selain murah dan praktis untuk dimasak, ada banyak alasan mengapa telur rebus dapat membantu meraih berat badan ideal Anda.

Meski begitu, tidak berarti Anda mengonsumsi telur rebus secara berlebih. Bagi penderita kondisi medis tertentu, seperti diabetes, kolesterol tinggi, dan penyakit kardiovaskular perlu berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter. Hal ini karena telur rebus mengandung kolesterol yang mungkin dapat mempengaruhi kadar kolesterol. 

Sebaiknya, konsumsi putih telur dengan mengeluarkan kuning telur. Sebab bagian kuning telur mengandung banyak lemak dan kolesterol. Anda juga dapat mengurangi kalori dari telur rebus dengan mengeluarkan kuning telur. Telur rebus rendah kalori dan tinggi protein bisa jadikan pilihan santapan saat sedang diet.

Berikut sejumlah manfaat telur rebus untuk kesehatan tubuh

1. Memiliki kalori yang rendah

Bagi Anda yang ingin memakan telur rebus saat diet tak perlu khawatir. Di balik penampilannya yang terlihat mengandung banyak lemak, telur rebus memiliki kalori yang rendah, satu telur rebus besar kurang lebih hanya memberikan Anda 78 kalori. 

Ditambah lagi, telur rebus tidak menggunakan minyak ataupun lemak yang dapat memberikan kalori ekstra. Alih-alih telur rebus bikin gemuk, telur rebus malah bisa menjadi pengganti makanan sumber protein lainnya yang berlemak tinggi.

Anda dapat mengonsumsi telur rebus dengan sayuran. Atau disantap bersama karbohidrat berkalori rendah, contohnya telur rebus dengan kangkung dan kentang.

2. Cocok untuk sarapan

Telur rebus tidak akan bikin gemuk dan cocok untuk dijadikan sarapan sehat untuk menyalakan energi Anda. Dibandingkan mengonsumsi nasi goreng yang tinggi kalori, Anda dapat menurunkan berat badan dengan mengonsumsi telur rebus bersama sayuran.

3. Meningkatkan metabolisme

Kandungan kolin dalam telur rebus membantu proses pencernaan lemak serta mencegah penumpukan lemak dalam tubuh. Selain itu, telur rebus juga dapat meningkatkan kadar adiponectin yang bisa meningkatkan metabolisme, meningkatkan kemampuan tubuh merespon insulin, dan memperlancar proses pencernaan lemak.

4. Tinggi protein

Protein sangat penting dalam diet Anda dan telur rebus merupakan salah satu sumber protein yang bisa dikonsumsi. Telur rebus bisa membantu Anda kenyang lebih lama karena protein dicerna lebih lambat dalam pencernaan.

Selain itu, protein juga dapat membantu mencegah peningkatan kadar gula darah yang dapat membuat Anda cepat lapar. Protein dalam telur rebus membantu menurunkan lemak dan mencegah penurunan massa otot dalam tubuh.

SEHATQ

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."