Zaskia Adya Mecca Terapkan Social Media Distancing selama Wabah Virus Corona

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Silvy Riana Putri

google-image
Hanung Bramantyo dan Zaskia Adya Mecca bersama anak-anak mereka. Instagram

Hanung Bramantyo dan Zaskia Adya Mecca bersama anak-anak mereka. Instagram

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta - Zaskia Adya Mecca salah satu figur publik yang kerap berbagi cerita kegiatannya selama social distancing atau jaga jarak interaksi sosial di rumah guna menekan penyebaran virus corona baru atau COVID-19. Sebagai ibu dari empat anak, aktivitas yang dibagikan Zaskia kerap bersinggungan dengan buah hatinya mulai dari bermain, tips mendampingi belajar hingga kiat menjaga kesehatan mereka. 

Selain itu, baru-baru ini Zaskia membagikan kekhawatirannya dengan sejumlah informasi terkait corona yang bermunculan di media sosial. Alhasil, ia memutuskan social media distancing atau mengurangi interaksi di media sosial untuk ketenangan pikirannya.

Istri Hanung Bramantyo ini mengawali ceritanya dengan mengutip percakapan via whatsapp dengan sepupunya. Keduanya merasakan stres dengan informasi corona yang kerap dibahas di grup whatsapp setiap menit ditambah lagi updates informasi via online soal sekolah anak-anak.

"Dan masih banyak keluh kesah percakapan kita. Akhirnya kita memutuskan untuk memulai social media distancing supaya kita juga tetap waras. Mulai mengabaikan berita corona yang berlebihan konsumsinya karena hampir tiap menit ada aja yang membahas," tulis Zaskia Adya Mecca di Instagram pada Sabtu, 21 Maret 2020.

Selain itu, ia mengungkapkan tak terlalu memaksakan tugas yang menyulitkan anak-anaknya. Tugas-tugas yang mampu dituntaskan tetap dikerjakan oleh mereka. Meski mengurangi interaksi di media sosial, Zaskia tetap memanfaatkan gawai untuk hiburan agar keluarganya rileks.

"Pegang gadget cari yang bikin tenang kayak mereka semua yang di foto ini. Karena situasi cukup membuat tertekan dan mencekam. Saatnya kita memilah mana hal yang harus kita biarkan masuk ke diri kita untuk kita pikirkan dan mana yang biarkan di luar saja," tulis aktris 32 tahun itu.

Menurut Zaskia jika ia stres, maka imunitas atau sistem kekebalan tubuh dan mood jadi menurun. Hal itu bisa berakibat virus lebih mudah menyerang. 

Di penutup ceritanya, ia mengajak warganet untuk memilah-milih informasi yang beredar. "Kita punya hak untuk menyaring apa pun yang akan masuk ke pikiran dan perasaan kita. Lindungi diri kita karena hanya kita yang paling bisa melakukan itu," tulisnya.

Yuk, sama-sama kita bijak dalam menggunakan media sosial di tengah kondisi wabah virus corona. Cari info di situs resmi milik pemerintah dan berkonsultasilah pada dokter atau petugas kesehatan, jika ada keluhan kesehatan. Patuhi anjuran pemerintah agar sama-sama kita menekan perkembangan virus. Selalu terapkan pola hidup sehat dan jaga kebersihan ya, Bu.

 

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."