Cek Corona di Situs Dinas Kesehatan, Jawab Pertanyaan Ini

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Rini Kustiani

google-image
Ilustrasi sakit flu. Shutterstock.com

Ilustrasi sakit flu. Shutterstock.com

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta - Wabah virus corona merupakan penyakit baru dan belum ada vaksin yang menjadi antivirus corona. Masyarakat perlu mengetahui lebih jauh apa itu virus corona, bagaimana virus itu menyebar, bagaimana mencegahnya, dan mengetahui apakah seseorang terinfeksi atau tidak.

Mengutip situs Jakarta Tanggap COVID-19 milik Pemerintah DKI, Coronavirus Disease 2019 adalah penyakit yang dapat menyebabkan gangguan pernapasan dan radang paru. Penyakit ini disebabkan oleh infeksi Severe Acute Respiratory Syndrome Coronavirus 2 (SARS-CoV-2).

Gejala yang muncul beragam. Mulai dari flu biasa, yakni batuk, pilek, nyeri tenggorok, nyeri otot, nyeri kepala, sampai komplikasi berat, yakni pneumonia atau sepsis. Jika penasaran apakah Anda terhindar atau berpotensi terinfeksi virus corona, situs Dinas Kesehatan DKI Jakarta memiliki cara sederhana untuk mendeteksinya.

Anda dapat mengakses tautan infocovid19 Jakarta. Untuk mengecek status kondisi kesehatan terkait corona, Anda bisa mengklik bagian Skrining Gejala, kemudian jawab pertanyaannya. "Apakah ada riwayat kontak dengan pasien positif COVID-19 (berada dalam satu ruangan yang sama/kontak dalam jarak 1 meter) ATAU pernah berkunjung ke negara terjangkit/di area transmisi lokal COVID-19 dalam 14 hari terakhir?"

Setiap jawaban ya dan tidak akan memunculkan pertanyaan selanjutnya atau saran. Setiap pertanyaan menggali lebih detail tentang kondisi pengaksesnya, sehingga memberikan dapat memberikan jawaban atau rekomendasi bagi masyarakat.

Laman itu juga menyajikan informasi daftar rumah sakit rujukan untuk penanganan corona. Rumah sakit itu antara lain RSPI Sulianti Saroso, RSPAD Gatot Subroto, RSAL Mintoharjo, RSUP Persahabatan, dan RS POLRI Sukanto. Ada pula RSUP Fatmawati, RSUD Pasar Minggu, dan RSUD Cengkareng.

Bagi Anda yang tidak mengalami gejala terpapar virus corona dan tidak bepergian ke daerah yang terinfeksi, berikut langkah yang perlu dilakukan untuk mencegah persebaran virus corona.

  • Cuci tangan dengan sabun dan air mengalir selama minimal 20 detik
  • Jika tak memungkinkan untuk mencuci tangan, pakai hand sanitizer yang mengandung alkohol, terutama sebelum dan sesudah bersin, batuk, atau makan, juga sehabis dari toilet.
  • Saat batuk atau bersin, tutup mulut dan hidung dengan tisu atau lengan bagian dalam. Segera buang tisu yang sudah digunakan ke tempat sampah.
  • Hindari kontak jarak dekat dengan penderita flu atau batuk.
  • Konsumsi makanan bergizi seimbang.
  • Lakukan olahraga secara rutin dan istirahat yang cukup.
  • Jangan merokok dan hindari asap rokok.
  • Menjaga kebersihan lingkungan.
  • Tidak bepergian ke tempat yang sudah memiliki kasus infeksi atau berpotensi menjadi lokasi penyebaran virus corona.
  • Jika mengalami demam, batuk, atau sesak napas, segera menghubungi fasilitas kesehatan terdekat. 
Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."